Our Happy Project

Home Education Journey

Naik Kereta Api Jarak Jauh Bareng Anak-Anak


Liburan kenaikan kelas lalu anak-anak merasakan juga yang namanya naik kereta api. Dari dulu sudah kepingin naik kereta ke Palembang tapi belum kesampaian juga. Eh kalau kakak pernah si naik kereta api bareng teman-teman kelas 1, tapi ya rute perjalanannya dekat. Berangkat dari stasiun Tanjung Karang sampai stasiun Rejosari. Razqa yang belum pernah naik kereta api sama sekali kecuali kereta api mini di mall hi hi.

Naik Kereta Api Eksekutif dari Jakarta ke Semarang 

Tapi bulan Juni lalu kami bukan naik kereta ke Palembang melainkan ke Semarang. Jadi ceritanya ada tante yang akan menikah, sekalian aja deh main ke Semarang naik kereta api. Tanggal keberangkatan kami bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Kami pilih jadwal keberangkatan sore supaya bisa lebih santai siap-siapnya dan supaya pagi hari bisa sholat Ied dulu. 



Kereta yang kami naiki adalah Argo Merbabu dari Stasiun Gambir, Jakarta. Tiket kereta bisa dibeli secara online dan tarif untuk kereta eksekutif dari Jakarta ke Semarang saat itu adalah Rp 370.000/penumpang. Jam 14.20 keretanya sudah berangkat. Tak lupa mengabari Eyang di Lampung kalau kami sudah berangkat. 

Baca: Tips Merawat Motor Sebelum Liburan Bersama Keluarga

Kereta eksekutif memang nyaman ya. Selain tempat duduknya empuk, jarak antar kursi juga lebih besar. Jadi gerbong terasa lebih lega dan penumpang bisa lebih leluasa bergerak. Selain itu ada sandaran kakinya juga dan kursinya bisa direbahkan. Tapi tetap harus hati-hati ya supaya tidak mengganggu penumpang yang di belakang kita. Tiap gerbong dilengkapi dengan pendingin udara dan toilet. 





Lapar di kereta dan nggak bawa bekal makanan yang cukup? Biasanya ada staf yang berkeliling menawarkan makanan dan minuman. Kita juga bisa pergi ke gerbong khusus untuk makan. Tapi kalau sudah selesai makan jangan berlama-lama di gerbong itu ya. Karena tempat duduknya terbatas dan harus bergantian dengan penumpang lain. Ada nasi kotak dengan aneka menu seperti nasi goreng dan nasi uduk. Rata-rata harganya Rp 40.000 per kotak. Mau pesan mie instan dalam wadah juga ada.

Perjalanan ke Semarang membutuhkan waktu 6 jam. Tapi alhamdulillah anak-anak nyaman selama di perjalanan. Ngapain aja selama 6 jam? Kadang melihat pemandangan di luar, kadang minjam HP Mama Papa hehe, kadang main berdua atau ya tidur aja deh. 





Akhirnya kami sampai di Stasiun Semarang Tawang jam 20.30. Razqa sudah capek jadi nggak mau jalan kaki, jadi digendong deh he he. Meski sudah malam, stasiunnya masih ramai. Setelah itu kami pesan ojek online dan sampai deh ke penginapan. 

Naik Kereta Api Ekonomi dari Jakarta ke Madiun 

Perjalanan ke Semarang bukan satu-satunya perjalanan kami naik kereta di liburan kenaikan kelas lalu. Setelah kembali ke Jakarta, kurang lebih seminggu kemudian alhamdulillah kami bisa naik kereta lagi ke Madiun. Waktu tempuhnya hamper 9 jam dan kami naik kereta ekonomi. 

Baca: Lampung Krakatau Park, Taman Hiburan Seru untuk Keluarga

Apa bedanya kereta ekonomi dan eksekutif? Pastinya beda di harga dan fasilitas ya he he. Misalnya nih kursinya nggak senyaman kereta eksekutif karena kami dapat kursi yang tegak. Kursi ini banyak dikeluhkan pengguna kereta karena bikin pegel he he.  Selain itu jarak antar baris kursi juga lebih dekat. Untungnya anak-anak bawa bantal leher dan bisa nyender ke tas atau ke Mama dan Papa hi hi. 



Di tiap gerbong kereta ekonomi juga ada toilet dan pendingin udara dan ada juga gerbong untuk makannya. Biasanya juga ada staf yang keliling untuk mengumpulkan sampah dari penumpang jadi ya gerbonngnya juga bersih. Jadi alhamdulillah mau naik eksekutif atau ekonomi, anak-anak oke-oke aja, yang penting bersih, ada AC, aman, nyaman dan jalan-jalan ha ha.



Tapi di perjalanan kereta Jakarta - Madiun (dan sebaliknya) ini ada satu hal yang menjadi favorit Mama, yaitu saat melewati daerah 

Baca: Sharing Session Merancang Program Backpacking untuk Anak.

Tips Aman Ajak Anak Naik Kereta Api Jarak Jauh

Mengajak anak naik kereta api jarak jauh pastinya butuh persiapan. Beberapa di antaranya:

1. Jangan memesan tiket mepet waktu keberangkatan. Tujuannya supaya kita bisa lebih leluasa memilih nomer tempat duduk. Pastinya orang tua ingin duduk berdekatan dengan anak-anaknya.

2. Ajak ngobrol anak tentang waktu perjalanan dan kondisi selama di stasiun dan di dalam kereta. 

3. Perjalanan malam hari bisa menjadi pilihan supaya sesuai dengan waktu tidur malam anak. 

4. Jangan bawa barang bawaan terlalu berlebihan. Pertimbangkan juga untuk memakai jasa porter supaya lebih kita tidak repot membawa barang-barang tersebut.

5. Bawa makanan dan minuman secukupnya.

6. Bawa mainan dan buku kesukaan anak supaya mereka tidak terlalu bosan di perjalanan.



7. Bawa bantal leher jika memilih menggunakan kereta ekonomi. Selain itu pakaikan anak baju yang nyaman dan bawa jaket untuk berjaga-jaga jika anak kedinginan di dalam kereta.

8. Datang lebih awal ke stasiun supaya tidak teburu-buru dan antisipasi macet di perjalanan menuju stasiun.

9. Ajarkan anak untuk tetap berusaha sopan dan menjaga kebersihan di dalam kereta.

10.   Ajak untuk ke toilet secara berkala.

11. Sesekali ajak anak berjalan-jalan dalam kereta, misalnya ke gerbong makanan untuk membeli makanan dan sholat (biasanya ada ruang khusus untuk sholat di sana) supaya anak tidak bosan dan tidak pegal.


Mengajak anak berpergian ke manapun dan naik transportasi apapun memang tetap ada kemungkinan menemui hal-hal tak terduga ya ntah itu pengalaman positif maupun negatif. Karena itu memang saat mengajak anak berpergian, sebaiknya kita menanamkan mindset sebagai seorang musafir yang tidak hanya mengharapkan zona nyaman dan hanya hal-hal menakjubkan yang terjadi padanya.

Comments

  1. Selalu seneng lihat kegiatan Rayyan dan Razka. Seru banget ngetrip2 edukasinya. Btw, thanks tips aman berkeretanya mbak.

    ReplyDelete
  2. Keren banget kisah serunya 2R. Aku juga kalau jalan suka bawa bantal leher, jadi makin nyaman selama perjalanan.

    ReplyDelete
  3. Jadi kangen naik kereta jarak jauh. Terakhir yang paling jauh itu ke Solo dan harus pesan 4 kursi untuk 3 penumpang. Walau yang satu balita, biar enak tidurnya jadi pesan 4 aja deh sekalian yg ekonomi biar lebih hemat hehehe

    ReplyDelete
  4. Dulu banget pernah naik kereta dari Madiun ke Semarang. Alhamdulillah layanan KAI sudah nyaman. Apalagi saat ini yang terus berbenah dan tepat waktu, karena pernah terlambat sedikit, sudah ketinggalan kereta. Jadi pelajaran banget deh

    ReplyDelete
  5. Wooooaaaahhhh, bocils kelihatan bahagia banget nih naik kereta api jarak jauh. Gejes3x trus menikmati pemandangan dari jendela kaca kereta. Asyiknya lagi bisa makan ala KA di restorasi maupun beli di KA dan makan di kursi penumpang dengan menu2 lezat harga cukup terjangkau. Aku paling suka beli teh manis hangat dan kopi di pagi hari.

    ReplyDelete
  6. Seru sekali perjalanan naik kereta api sama anak-anak. Pasti mereka terkesan banget. Jadi kepikiran kalau punya anak nanti pengen diajakin juga naik kereta api.

    ReplyDelete
  7. Happy banget yah di kecil bisa naik kereta api jarak jauh . Aku udah lama gak naik kereta nih, beberapa tahun lalu setiap pulang kampung ke kebumen selalu ajak anak naik kereta, sekarang udah gak pernah lagi, jadi kangen pengen ngerasain naik kereta jarak jauh gitu bareng anak

    ReplyDelete
  8. Happy banget liat wajah anak-anak yang penuh semangat.
    KAI saat ini sangat baik dalam memberikan pelayanan yaa.. Semua fasilitas serta gerbongnya juara, sehingga nyaman dinaiki segala usia.

    ReplyDelete
  9. Sejauh ini Solo yang paling jauh saya ajak anak naik kereta
    Itu pun usianya masih bulanan
    Anak ketiga, cowok.
    Waktu itu meet up sesama pencinta kartu pos dan prangko

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

back to top