Our Happy Project

Home Education Journey

Tips Merawat Motor Sebelum Liburan Bersama Keluarga


Liburan akhir tahun dimanfaatkan banyak orang tua untuk mengajak anak-anak berpergian. Manfaat mengajak anak-anak berlibur antara lain bisa menghibur anak, menstimulasi perkembangan otaknya, mengajarkan anak bersosialisasi, mempererat hubungan orang tua dan anak, meningkatkan konsentrasinya, dan tentu saja sebagai sarana belajar yang seru bagi mereka. 

Baca juga: Wisata Edukasi di Farmday Lampung

Mengajak anak liburan bisa juga dilakukan dengan mengendarai kendaraan sepeda dua yaitu motor. Kita bisa mengajak anak-anak ke tempat-tempat wisata yang ada di dalam kota ataupun di daerah sekitar tempat tinggal kita. Meski begitu, kita tetap tidak boleh mengabaikan keselamatan saat berkendara juga perawatan sepeda motornya ya. Apalagi jika berpergian dengan keluarga. Berbahaya dan tidak nyaman kan kalau tiba-tiba motor mogok atau ban pecah. 

Sebelum jalan-jalan naik motor, simak dulu nih tips merawat motor untuk persiapan liburan. Tips ini dari Planet Ban, salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia. 

1. Cek Kondisi Ban Motor

Ban motor kita menipis dan ada keretakan atau sobekan? Nah itu tanda-tanda ban perlu diganti ya. Ban adalah salah satu komponen terpenting yang harus diperiksa. Terlebih sebelum kita melakukan perjalanan ke tempat wisata dengan keluarga. Kita bisa mengecek apakah tekstur ban bergelombang. Jika tanda-tanda tadi sudah terlihat, segera ganti ban di Planet Ban terdekat ya! Di Planet Ban ada berbagai merek dan ukuran ban motor yang sesuai dengan motor kita. Jika ban masih baru atau kondisinya masih bagus, jangan lupa memastikan tekanan udara ban sudah sesuai.




2. Cek Kondisi Rem

Saat pergi ke tempat wisata, kadang kita harus melewati jalur dengan tanjakan dan turunan. Rem motor harus dalam kondisi prima terutama saat melewati medan seperti ini. Jika rem terasa terlalu dalam saat diinjak atau ditekan, artinya kampas rem motor perlu segera diganti. 

Tanda rem aus juga bisa dilihat dari indikator yang ada di setiap dinding tromol. Kampas tromol (brake shoe) perlu diganti jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada. Sementara pada rem cakram bisa dicek ketebalan kampas dan piringan remnya. 

Baca juga: Taman Rekreasi dan Bermain Jati Agro Lampung Selatan

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Ada yang jarang mengecek dan mengganti oli mesin motor? Hal ini berbahaya lho karena oli mesin motor penting untuk melumasi mesin supaya berjalan mulus dan bebas gangguan. Jika ingin melakukan perjalanan panjang, oli mesin sebaiknya diganti terlebih dulu. Namun jangan lupa mengecek kandungan yang terdapat dalam olinya.

Untuk perjalanan jauh sebaiknya kita pilih oli dengan kandungan ester di dalamnya. Fungsi kandungan ester ini yaitu menjaga tingkat kepanasan mesin motor dengan baik dengan menjaga suhu mesin tetap stabil. Ingin mendapatkan oli dengan kandungan ester dengan harga terjangkau? Di Planet Ban ada oli X-Ten, oli eksklusif dari Planet Ban. Pada oli X-Ten ada kandungan ester yang bisa digunakan hingga perjalanan 5.000 kilometer dan menjaga mesin motor tetap stabil meski dalam torsi tinggi.



4. Cek Aki Motor

Aki motor juga merupakan salah satu komponen penting yang harus dicek. Sebelum melakukan perjalanan kita harus memastikan aki tidak dalam kondisi bocor, berkarat, dan rusak. Ini karena aki motor sangat penting dalam menjaga daya listrik motor. 

Pengecekan aki ini sebaiknya dilakukan secara berkala agar kitab isa mengetahui kapan aki perlu diganti. Dengan begitu kejadian tiba-tiba motor tidak mau menyala karena akinya sudah soak bisa dihindari. Jika yang digunakan adalah aki basah, cek juga kondisi air akinya sebelum berpergian ya.



5. Cek Sistem Pendingin

Sistem pendingin sering terlewat untuk dicek karena komponennya tidak langsung terlihat mata. Sistem pendingin yang bermasalah akan membuat motor mengalami overheat. Jika motor dipaksakan untuk berjalan, ada resiko motor harus turun mesin. Jadi sebelum melakukan perjalanan, pastikan coolant (air pendingin) cukup dan sistem pendingin bisa menjaga suhu mesin tetap normal.

6. Cek Busi

Fungsi busi pada motor adalah mengubah energi listrik yang dating dari koil pengapian menjadi percikan api. Percikan inilah yang menjadi cikal bakal proses pembakaran dalam ruang pembakaran mesin motor. 

Busi motor harus dicek sebelum melakukan perjalanan untuk melihat apakah sudah kotor atau aus. Jika busi kotor, kita bisa mencoba membersihkannya. Namun jika busi sudah aus, mau tidak mau harus diganti. Jika busi tidak berfungsi secara optimal, proses pengapian pada motorpun akan terganggu.

7. Cek CTV dan Rantai

CTV merupakan singkatan dari Continuously Variable Transmission. Fungsinya adalah meneruskan putaran mesin motor di bagian roda ban sehingga motor dapat berjalan.  CTV ini merupakan salah satu komponen pada motor matic. Sementara rantai terdapat pada motor jenis moped/bebek dan motor sport. Fungsinya serupa yaitu melakukan transfer tenaga pada motor ke roda.

CTV dan rantai pada motor sebaiknya dicek dan diservis terutama sebelum melakukan perjalanan jauh. Karena jika CTV dan rantai tidak berfungsi dengan baik, kinerja motorpun akan terhambat. 

Ingin berpergian dengan motor dan ingin mengecek kondisi motornya serta melakukan penggantian spare part atau suku cadang? Bisa konsultasi dulu lho lewat layanan yang diberikan oleh Planet Ban. Asyiknya lagi layanan konsultasi online ini GRATIS!  Caranya silakan klik gambar ini ya untuk menuju ke layanan chat konsultasi dari Planet Ban.



Selain itu kita juga bisa mengunjungi Planet Ban terdekat. Semoga perjalanan bersama keluarga aman, nyaman, dan menyenangkan ya! 


Comments

  1. Aku seneng banget kalau liburan. Apalagi bisa bareng teman atau keluarga bisa jalan-jalan. Dan, berkendara pakai motor yang aman itu harus dirawat. Biasanya hanya ganti oli aja hehe. Terima kasih, mbak infonya. Ternyata bisa service dan ganti spare part juga di Planet Ban..

    ReplyDelete
  2. Kalau mau perjalanan jauh wajib banget pokoknya cek dan ricek kondisi motor. Takutnya ada yang rewel di tengah jalan. Serunya sekarang ada planet ban yang memudahkan kita untuk konsultasi gratis nih.

    ReplyDelete
  3. Perawatan Motor Matic seperti ganti oli gampang banget di Planet Ban

    ReplyDelete
  4. kondisi oli ini sering menjadi kendala kalau terledor bisa mogok. Motor matic di rumah juga rutin perawatan nih.

    ReplyDelete
  5. Ternyata memang penting banget ya kita memperhatikan kendaraan kita sebelum berangkat berlibur panjang.
    merawatnya.. terlebih jika memang ada trip perjalanan jauh, mengontrol dan memastikan 7 poin ini untuk aman dan terkendali jika memang kondisi kendaraan tidak memungkinkan memang baiknya kita bawa untuk perawatan terlebih dahulu.
    planet ban memang menjadi solusi terbaik untuk saat ini.

    ReplyDelete
  6. Aku pernah mbak punya pengalaman turun mesin, yaampun ongkos service nya mahal banget, jadi nyesel selama ini gak peduli dengan kewajiban ganti oli, mikirnya masih ada itu si oli padahal pas dicek kering

    ReplyDelete
  7. Asyik seneng banget ada tempat service motor matic yang super lengkap, biasanya yang rutin itu ganti oli dan ganti filter udara. Dari sekarang kayaknya harus ke Planet Ban

    ReplyDelete
  8. Tentang CTV dan rantai ini rasanya aku kurang paham deh wkwk kayanya selama ini sebagai emak-emak riders yang anter jemput anak cuma bisa pakai aja. Informasi perawatannya kurang. Percayakan ke tempat servis terpercaya aja deh kalau gtu ke Planet Ban hehe ^^

    ReplyDelete
  9. Benar deh. Sebelum mengajak jalan keluarga pake motor memang kudu perawatan motor dulu. Biar perjalanannya aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  10. Kalau mau ajak keluarga liburan naik motor memang ada baiknya untuk cek kesehatan motor dulu ya kak. Biar gak kejadian kayak video yang lagi viral itu loh, ada rem blong. serem bangeeet..

    ReplyDelete
  11. walau gak ngerti part-part motor apa aja, baca postingan ini jadi tau ooh ternyata bagian motor yang harus dirawat apalagi jika ingin liburan dengan motor mayan banyak juga ya, noted nih.
    biar bisa ingatin ke Paksu juga kalau mau perawatan motor nantinya :D

    ReplyDelete
  12. Memang kalau mau perjalanan jauh naik motor tuh harus banget pertama kali yang dicek adalah kondisi kendaraan, ban, rem, mesin dan yg lainnya.

    ReplyDelete
  13. Penting banget sih cek kesehatan motor ke bengkel secara rutin yaaa, aku selalu jadwalin setiap enam bulan sekali, terutama rem kalo udah nggak enak pasti auto masuk bengkel buat ganti kanvas rem daripada ambil resiko hihihi

    ReplyDelete
  14. Kalau mau liburan dengan kendaraan pribadi memang wajib cek kondisi kendaraan. Jangan sampai kayak yang pernah saya alami. Mobil mogok di tengah perjalanan. Terpaksa cari derek untuk dibawa ke bengkel.

    ReplyDelete
  15. Kunci agar motor awet dan terjaga adalah rutin untuk dicek dan service. Ini yang kadang suka dilupakan. Alhasil motor mogok di jalan, haha. Btw, Planet Ban memang recommended sih untuk service motor. Puas pelayanannya. Service motor rasa baru ya.

    ReplyDelete
  16. Betul banget nih yang pertama tuh pasti cek ban motor terlebih dahulu karena nggak bisa pergi dong kalau ban motor bocor.

    ReplyDelete
  17. Gak boleh terlewat banget untuk selalu service secara berkala motor yang akan digunakan.
    Selain menghemat biaya karena maintenance yang teratur, juga bikin nyaman dan aman saat berkendara di musim hujan seperti ini.

    ReplyDelete
  18. Tips berguna sekali nih buat yang memiliki motor. Aku ga bisa naik motor jadi ga terlalu paham tentang hal2 permotoran. Kayanya bakal tambahan ilmu buat saya jika adek malas ngurus motornya. Jadi ada bahan utk ngomelin dia...hihihi.

    ReplyDelete
  19. Ternyata banyak hal yang aku lewatkan ya. Taunya cuma cek bahan bakar, cek oli. Udah gitu aja. Pantesan ayang beb kadang suka esmoni kalau abis nyervis motor yg biasa aku pakai. Katanya banyak yg henghong. Hehe

    ReplyDelete
  20. banyak perintilan yang mesti diperhatikan ya bagian mesin motor ini.
    Apalagi yang beberapa bulan lagi mau mudik nih ya, langsung deh ceki-ceki perawatan motornya dengan apik

    ReplyDelete
  21. Aku tuh paling sering cek aki motor mba. Ini yang paling memudahkan sih menurutku. Kalau yang lainnya, kayaknya jarang aku perhatiin. Hehhee Makasih yaa

    ReplyDelete
  22. Penting nih merawat kondisi motor yaa... jadi tidak hanya menggunakan saja. Merawatnya pun butuh perhatian agar kendaraan yang kita miliki ini selalu dalam kondisi terbaiknya.

    ReplyDelete
  23. Memang penting banget nih rutin melakukan perawatan motor terutama menjelang liburan ya Mbak karena biasanya digunakan untuk perjalanan jauh jadi kondisi motor benar2 harus prima biar perjalanan buat liburan pun aman dan lancar.

    ReplyDelete
  24. penting sih memeriksa kendaraan sebelum bepergian jauh atau touring gitu. sebenernya lebih baik lagi jika dilakukan pemeriksaan secara rutin, servis motor secara berkala. motor yang dirawat tentunya akan lebih nyaman ketika dipakai ;)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

back to top