Top Social


8 Ide Kegiatan Anak dengan Tema Tubuhku


Mengajak anak mengenal lebih jauh lagi mengenai tubuhnya bisa dilakukan lewat berbagai macam kegiatan. Tidak hanya kita bisa mengajak anak belajar tentang fungsi berbagai bagian tubuh tapi juga bisa mengajak anak mengingat kebesaran Allah yang telah menciptakan kita. Tak lupa kita juga mengajak anak menjaga kesehatan tubuh sebagai salah satu cara bersyukur padaNya. 


1. Isi Tubuhku (Bagian 1) 


Siapkan print out tentang berbagai sistem cara kerja tubuh seperti rangka tubuh, otot, peredaran darah, pernafasan, serta syaraf. Tak lupa print juga foto diri anak seluruh badan. Ajak anak untuk mengguntingambar-gambar tersebut mulai dari foto diri anak di bagian paling atas lalu satukan lembaran karton yang sudah ditempeli tadi sehingga membentuk sebuah ‘buku’ dengan foto anak sebagai sampulnya dan sistem kerja tubuh sebagai isinya. Jangan lupa kenalkan juga setiap fungsi sistem kerja tubuh. 



2. Isi Tubuhku (Bagian 2) 


Siapkan print out bagian tubuh ukuran besar dan cetak tubuh anak di karton berukuran besar. Ajak anak menempelkan print out tersebut di karton yang sudah digunting. 



3. Pemompa Darah


Untuk kegiatan ini alat dan bahan yang diperlukan adalah nampan, air, pewarna makanan merah, balon, selotip, gunting, serta sedotan dan gelas bening. Pertama letakkan gelas berisi air berwarna merah pada nampan, tutup gelas dengan balon yang sudah dipotong ujungnya.


Lubangi balon dan masukkan sedotan pada lubang tersebut. Tutup ujung salah satu sedotan dengan potongan balon dan selotip. Tekan bagian tengah balon supaya air mengalir keluar dari dalam gelas ke nampan. Ini diibaratkan jantung yang sedang memompa darah.


4. Paru-paruku


Kegiatan ini juga menggunakan bahan yang mudah ditemukan di rumah. Siapkan dua buah sedotan, selotip, dua buah plastic, serta print out gambar paru-paru. Rekatkan sedotan, namun di masing-masing ujungnya disatukan dengan plastic dengan bantuan selotip. Lalu tempel gambar baru-paru. Ajak anak meniup sedotannya. Kedua plastik tadi seolah-olah paru-paru yang mengembang dan mengerut saat kita bernafas.


5. Pencernaan di Lambung


Di lambung ada dua jenis pencernaan yaitu secara mekanik dan kimia. Pencernaan mekanik adalah penguraian bentuk makanan dari yang lebih besar menjadi lebih kecil sehingga dapat masuk ke dalam sistem pencernaan dan diproses oleh enzim. Sedangkan pencernaan kimia adalah penguraian makanan menjadi molekul-molekul kecil agar dapat diproses oleh enzim.


Siapkan plastik berperekat, masukkan sebuah biskuit dan tutup plastiknya. Tekan-tekan kantong plastic hingga biskuitnya hancur. Ini ibaratnya pencernaan secara mekanik. Kemudian tuang minuman soda ke dalam plastic hingga biscuit larut. Ini ibarat pencernaan secara kimiawi. 

6. Kalau Cangkang Telur Ini Gigiku


Siapkan cangkang telur yang sudah dicuci. Persiapkan juga 4 jenis cairan yaitu cuka masak, air gula, air soda, dan air kopi/teh/cokelat. Rendam cangkang telur (minimal 1 jam) lalu ajak anak mengamati perbedaannya. Yang terjadi adalah cangkang pertama didekati semut (ibarat gigi yang ada kumannya), cangkang yang diberi soda menjadi berwarna sesuai air soda, cangkang yang direndam dalam cuka menjadi terkikis dan terkelupas, dan cangkang terakhir warnanya bisa jadi kusam. 




7. Garam Menari 


Bahan dan alat yang diperlukan adalah gelas, balon, serta garam halus. Potong balon dan tutup bagian atas gelas dengan balon tersebut. Taburi bagian atasnya dengan garam halus. Hidupkan TV atau sumber suara lain, dekatkan pada speaker. Garam akan bergerak seperti menari karena ada gelombang bunyi dari TV yang menggetarkan balon.


Kita bisa mendengar karena bunyi merambat melalui udara, masuk ke telinga, dan gelombang tersebut menggetarkan gendang telinga dan diteruskan ke otak. 

8. X-Ray Tanganku 


Tulang kita mungkin tak terlihat tapi punya peranan yang sangat penting di antarnya untuk menopang tubuh dan melindungi organ tubuh. Tulang bisa dilihat dengan alat x-ray. Kita bisa mengajak anak untuk membuat ‘x-ray’ jari tangan dengan menggunakan cotton buds, lem, dan karton (sebaiknya warna hitam). 



1 comment on "8 Ide Kegiatan Anak dengan Tema Tubuhku"
  1. Ternyata belajar ilmu pengetahuan sains sangat mudah ya, tidak semenakutkan seperti apa yang kita bayangkan. Pembahasan nya juga sepertinya bisa di aplikasikan pada anak usia TK sekalipun. Keren

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9