Our Happy Project

Home Education Journey

Wisata Edukasi di Farmday


Apa yang jadi kategori tempat wisata yang oke untuk keluarga? Bagi kami salah satunya adalah kalau tempat itu tidak hanya menawarkan hiburan tapi juga unsur edukasi untuk anak-anak. Intinya ada sesuatu yang membuat anak-anak tertarik. Jika tempatnya hanya sekadar untuk foto-foto yah bisa dipastikan berada di tempat itu sebentar saja mereka sudah bosan.



Di Bandar Lampung banyak tempat wisata, salah satu yang menawarkan edukasi untuk anak-anak adalah Farmday Education Park. Tempat ini terletak di Teluk Betung Barat, Bandar Lampung. Untuk menuju ke sini kurang butuh waktu 20 menit dari pusat kota jika lalu lintas lancar. Jaraknya sekitar 9 kilometer. Pengunjung disarakankan menggunakan aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps ya supaya tidak tersesat.



Tata Tertib Pengunjung Farmday Education Park

Sudah dua kali kami mengunjungi tempat ini. Kunjungan pertama saat Farmday baru saja dibuka di akhir tahun 2022 dan kunjungan kedua bulan Mei lalu. Sebelum ke sini ada beberapa hal yang harus diperhatikan ya yaitu tata tertib pengunjung seperti:

1. Dilarang boleh membuang sampah sembarangan.

2. Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar.

3. Dilarang memetik atau merusak tanaman.

4. Dilarang membuat keributan.

5. Dilarang membawa dan minum minuman keras.

6. Dilarang membawa dan mengonsumsi obat terlarang.

7. Dilarang buang air sembarangan.

8. Dilarang melompati pagar.

9. Dilarang membawa senjata api dan senjata tajam.

Banyak sekali ya larangannya? Tapi sebenarnya larangan ini umum diterapkan bagi pengunjung tempat wisata, demi kenyamanan, keamanan, serta ketertiban untuk pengunjung juga. 



Harga Tiket Masuk Farmday Education Park

Hal lain yang harus dilakukan kalau ingin berkunjung tentu saja membeli tiket masuknya. Tiket masuk Farmday bisa dibeli ditempat dengan kategori:

Pengunjung dewasa:

1. HTM weekday Rp 20.000/orang

2. HTM weekend dan hari besar Rp 25.000/orang

Pengunjung anak 2 s.d 5 tahun:

1. HTM weekday Rp 15.000/orang

2. HTM weekend dan hari besar Rp 20.000/orang



Kegiatan di Farmday Education Park

Di Farmday ada tiga bangunan utama. Pertama tempat membeli tiket masuk, kedua bangunan warna-warni dengan fasilitas berupa toilet serta toko oleh-oleh, dan ketiga ada bangunan food court. Di bagian bawah ada kolam ikan, kandang domba, kandang kelinci dan burung, kandang unggas, serta area untuk menanam padi.



Di food court  kita bisa membeli makanan untuk hewan-hewan yang ada. Harga pakan ikan, burung, kelinci, serta domba masing-masing Rp 5.000 per paketnya. Saat ke sini yang pertama kami lakukan adalah memberi makan ikan-ikannya. Kadang sampai kecipratan air kolamnya tapi seru juga.

 


Selanjutnya giliran domba-domba lucu yang diberi makan. Beberapa domba bulunya sudah dicukur, dan beberapa nempel-nempel minta diberi makan. Tapi domba-dombanya jinak kok. Saat baru dibuka dulu ada domba yang masih agak galak he he. Ngomong-ngomong, teman-teman tau nggak bulu domba dimanfaatkan untuk apa?



Sebelum memberi makan hewan lain, kami mencari makanan dan minuman dulu untuk mengganjal perut. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa dipesan seperti pempek, kentang goreng, sosis, burger, spaghetti, teh, serta air mineral.




Setelah perut terisi makanan dan minuman, sekarang waktunya melihat kandang kelinci dan burung. Di sini banyak juga kelinci yang lucu dan jinak. Selanjutnya kami melihat-lihat kandang unggas. Salah satu yang ada di sini adalah ayam kapas atau ayam sutra. Tidak jauh dari kandang unggas ada area untuk menanam padi. Biasanya yang ikut kegiatan menanam pagi adalah rombongan dari sekolah misalnya dari taman kanak-kanak. 



Karena masih punya pakan ternak, kami kembali ke kandang domba. Ternyata dombanya masih mau makan! Setelah semua pakan ternak habis baru deh kami pulang. Pengunjung yang ingin pulang kendaraannya akan diarahkan melalui jalan yang berbeda dengan jalur masuk. Ini karena sebagian jalur menuju ke Farm Day memang hanya cukup untuk satu kendaraan roda empat saja, jadi jalur masuk dan keluarnya berbeda. 

Bagi warga Bandar Lampung yang ingin mengajak anak berwisata ke tempat yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, Farmday Education Park bisa jadi salah satu alternatif yang menarik. Karena anak-anak tidak hanya bisa berfoto tapi juga bisa mengenal dan memberi makan hewan-hewan yang ada di sana. 

Alamat Farmday Education Park 

Jl. Khadin Tihang Gg. Pertama No.4, Sukarame II, Kec. Tlk. Betung Bar., Kota Bandar Lampung, Lampung 35234


Comments

  1. Waah..seru ya berkunjung ke taman ini bersama anak-anak, pasti menjadi pengalaman berkesan yg akan menjadi kenangan indah bagi mereka kelak. Terima kasih sharing ceritanya ya..

    ReplyDelete
  2. Sekarang semakin banyak lokasi wisata semacam farmday ini ya. Jadi anak bisa belajar langsung didampingi orang tua sekaligus. Kenangan itu pasti akan tertanam kuat di ingatan si anak.

    ReplyDelete
  3. Wah harganya cukup terjangkau dan bisa menikmati spot yang bagus di farmday ini. Apalahi anak2nya juga pastiny hepi. Jadi pengen ajak anak me tempat wisata edukasi seperti ini sayangnya di daerah saya belum ada wisata seperti farmday ini

    ReplyDelete
  4. Wisata edukasi yang begini ini yang harusnya diperkenalkan kepada anak-anak, terutama anak yang lahir dan besar di kota karena pastilah jarang bahkan cenderung tidak pernah melihat hewan-hewan selain yang ada di kota, seperti domba.

    ReplyDelete
  5. Lokasinya asik banget. Tiket masuknya cukup terjangkau dan wahana yang ditawarkan selain seru juga edukatif. Paket lengkap banget kalo pergi ke Farmday Education Park ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

back to top