Our Happy Project

Home Education Journey

Daftar Proyek Scratch Rayyaan di Tahun 2023 (Bagian 1)


Di blog ini saya pernah membagikan daftar proyek Scratch Rayyaan. Sebagai pengingat, Scratch merupakan komunitas coding terbesar di dunia yang ditujukan untuk anak-anak, yang menggunakan bahasa pemrograman visual yang sederhana. Anak-anak bisa belajar membuat permainan, cerita, atau animasi digital di Scratch dengan mudah. 

Bisa nggak ya anak-anak membuat proyek Scratch sendiri? Bisa sih tapi memang akan lebih mudah jika dipandu atau ada guru yang mengajari. Karena meskipun kita bisa melihat 'isi' dari proyek Scatch seseorang, namun kalau tidak tahu konsep penggunaannya ya bisa bingung juga. Selain itu dalam proses pembuatan proyeknya, biasanya ada tantangan tertentu dari pembimbingnya. 

Baca juga: Daftar Proyek Scratch Rayyaan Bagian 1.

Rayyaan pernah mengikuti beberapa kelas coding dan sekarang ini ia sedang mengikuti kelas Junior Champs dari BrightChamps. Salah satu materi yang diberikan juga ada mengenai Scratch untuk membantu anak memahami dasar tentang coding atau pengkodean. Lewat Scratch anak-anak bisa melatih keterampilan memecahkan masalah dan berpikir secara logis. Dasar-dasar coding yang dipelajari misalnya tentang loop, fungsi, logika, dan aritmatika.

Teman-teman yang ingin mengikuti kelas trial di BrightChamps juga bisa mendaftar di sini DAFTAR TRIAL CLASS.

Ini dia beberapa proyek Scratch yang dibuat oleh Rayyaan, jangan lupa klik link/tautannya dan mainkan proyeknya ya! 

01. Menggambar Bangun Datar (Persegi, Segitiga, Lingkaran)

Jika kita menekan tombolnya, lingkaran biru akan menggambar bangun datar sesuai dengan yang tertulis di tombol tersebut. Di proyek ini Rayyaan belajar membuat berbagai bentuk dengan menggunakan pen extension tool. Proyek ini bisa dikembangkan menjadi media belajar bagi adik-adik yang sedang mengenal bangun datar dan cara menggambarnya. 

https://scratch.mit.edu/projects/825167542/


02. Birthday Party

Proyek ini menggambarkan suasana yang ada di sebuah pesta ulang tahun. Ada percakapan, musik, dan juga gerakan tari. Pada proyek ini Rayyaan membuat animasi menggunakan berbagai blok. Konsep yang dipelajari adalah tentang blok gerakan. 

https://scratch.mit.edu/projects/825196135/



03. The Music Explorer
 
Pada proyek ini Rayyaan belajar membuat DJ virtual dengan memanfaatkan blok suara yang berbeda untuk memilih lagu. 




04. Pen Draw

Pernah menggunakan aplikasi Paint di komputer masing-masing? Pasti pernah dong ya. Nah di proyek ini Rayyaan membuat aplikasi yang mirip dengan Paint. Klik linknya dan gunakan aplikasinya untuk menggambar sesuatu ya. 





Pen Draw (Upgrade)





05. Scrolling Background

Di proyek ini Rayyaan belajar memahami dan menerapkan fungsi kloning.





06. Kalkulator

Di proyek ini Rayyaan membuat aplikasi kalkulator dengan menggunakan operasi matematikan dan penerapannya. 





07. Balapan Matematika (Math Competition) 

Permainan ini menggunakan konsep loop dan operasi matematika. 





08. Arrow Game (Ball Version)

Pada proyek ini Rayyaan belajar mengembangkan animasi dengan menggunakan konsep gliding (meluncur) dan daftar (daftar skor). 





Arrow Game (Versi Sasaran Tembak)





09. Gunting Batu Kertas

Permainan Gunting Batu Kertas ini dibuat dengan fungsi control statement dan broadcasting. 





10. Fruit Collector


Permainan ini menggunakan berbagai konsep yang telah dipelajari di proyek-proyek sebelumnya.





Comments

  1. wah terima kasih buat rekomendasinya mba, kebetulan anakku mau libur sekolah, jadi ada kegiatan selama mamanya kerja hehee

    ReplyDelete
  2. Bagus, semangat terus ya belajarnya

    ReplyDelete
  3. Banyak ya proyek-proyek yang bisa dipilih anak anak yang sesuai dengan minat dan bakat anak dan setuju banget kalo kelas coding seperti ini amat sangat dibutuhkan anak jaman now dalam upaya menyalurkan minat dan bakat serta mengajarkan anak berfikir kritis

    ReplyDelete
  4. Wah, seru banget belajar di Brightchamp ini ya, membantu banget anak2 untuk berfikir logis, memecahkan masalah , aah seru banget sih main Scratch, bisa buat mengisi liburan juga nih.

    ReplyDelete
  5. Wow..keren ya anak2 sekarang..sudah difasilitasi utk belajar codings sejak dini! Terima kasih sharing infonya ya

    ReplyDelete
  6. Anakku sempet belajar coding buat bikin game sendiri. Cuma ada salah di codingan pas bikin jembatan harus dia naik ke atas jembatan malah nembua jembatan. Akhirnya dibenerin lg. Bahasa pemrograman aku malah bingung sendiri liatnya. Anak2 gampang nangkepnya

    ReplyDelete
  7. Mba, thank youuu... Aku pengen banget mulai masukkin anakku ke kelas coding. Bright Champs bisa jadi opsiku. Thank you. Aku bookmark ya mba :)

    ReplyDelete
  8. Aku salut banget sama anak-anak yang belajar pemrograman seperti ini, Mbak. Dari kecil udah diasah pasti gedenya jadi mahir ini.

    ReplyDelete
  9. Masya Allah ... udah jadi portfolio Rayyan. Apa setiap pertemuan membuat 1 karya?
    anakku tempo hari pernah trial di sini tapi dia belum tertarik dengan coding, hihi... mungkin dia suka main gamenya aja yah.

    ReplyDelete
  10. Dari sejak anak-anak ternyata udah bisa yaa diajari ttg coding. Melalui tahapan khusus tentunya yaa... sesuai dengan tingkatan usia dan pemahaman. Go go Rayyaan... semangat selalu mengerjakan project2 scratch-nya.

    ReplyDelete
  11. wuih, kalau selalu buat project..auto jadi kreatif ya nak dimasa depan. Terus semangat belajar ya

    ReplyDelete
  12. Wow, keren banget ih Rayyan. Scratch-nya makin bagus, makin halus. Mamanya nih yang ulet ngajarin dan sabar. Anakku yg kecil, Rayyan juga namanya, suka juga gambar-gambar scratch kayak gini. Tapi mamanya cuekin dia. Jadinya dia belajar sendiri. Tapinya aku takjub, kok bisa dia begitu. Semoga bisa makin maju deh nantinya. Biar kayak bapaknya yang jago gambar. :D

    ReplyDelete
  13. wah keren banget sih ini komunitas buat anak2 pecinta koding ya, pengen deh anakku mau ak kenalin dunia koding, bagus buat nambah skill dia

    ReplyDelete
  14. Aah, nuhuun..
    Seneng banget dapet aneka aktivitas anak. Pas banget momennya kan yaa.. lagi liburan gini, kudu banyak aktivitas yang mengundang rasa penasaran.

    ReplyDelete
  15. Rayyaan keren banget sudah belajar coding, mesti belajar nih sama Rayyaan bisa bikin scratch kece juga

    ReplyDelete
  16. Wah pas banget ini lagi cari-cari kelas coding untuk ponakan cowok yang mulai suka bikin-bikin image digital dan baca code. Karena melihat bakatnya, jadi terpikir untuk coba masukin dia belajar coding. Thank infonya tentang kelas BrightChamps ini, Kak.

    ReplyDelete
  17. Hasil project scrathnya keren-keren ih. Pasti ada banyak percobaan dan kisah dibalik perjalanan belajar bikin program-program yang udah disebutkan di atas. Suka banget dengan hasil-hasilnya. Kreatif banget. Mana didukung pula oleh keluarga. What a dreams come true.

    Semangat terus belajarnya, Rayyan.

    ReplyDelete
  18. Duuh hebaaat rayyan 👍. Bagus2 hasil codingnya. Aku sendiri ga paham soalnya hal begini. Tapi memang anak sekarang suka ya mba, dan banyak yg bisa , apalagi kalo sedari kecil sudah diarahkan. Anakku yg pertama mungkin cocok nih. Nanti aku ciba tanya juga, kalo dia mau belajar, aku support deh buat belajar coding.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

back to top