Our Happy Project

Home Education Journey

Printable Gratis dan Twinkl Teacher Creator Awards


Kamis lalu saya pergi ke sekolah Rayyaan untuk menghadiri jadwal konsultasi dengan wali kelasnya. Razqa juga ikut karena biasanya ia senang diajak berkeliling sekolah. Insyaa Allah Juli nanti Razqa sudah kelas 1 SD dan bersekolah di tempat yang sama dengan Rayyaan. 

Sekolah mereka sama sih, hanya beda lokasi saja. Tapi baik TK maupun SDnya, ruangannya banyak hiasan ini dan itu dan berwarna-warni. Hiasan itu sebenarnya bagian dari media belajar juga atau hasil karyanya anak-anak. Memang kenapa sih media belajar untuk anak-anak harus berwarna dan menarik?



Dikutip dari situs Paudpedia Kemdikbud, media pembelajaran merupakan alat bantu atau bahan yang bisa digunakan untuk menyampaikan isi dan pesan pembelajaran. Media ini penting sekali terutama untuk anak usia dini karena mereka belum mampu memahami sesuatu yang sifatnya abstrak atau tidak dapat ditangkap panca indera mereka. 

Manfaat penggunaan media pembelajaran yaitu:

1. Menarik perhatian anak.

2. Memperjelas isi/pesan pembelajaran.

3. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan tenaga. 

4. Pembelajaran lebih interaktif.

Sebagai orangtua saya juga merasakan manfaat dari media pembelajaran yang menarik saat mengajak anak berkegiatan di rumah. Anak-anak jadi lebih excited. Selain itu memang tidak semua obyek yang sedang dipelajari anak bisa dihadirkan secara nyata baik di sekolah maupun di rumah. Misalnya saat belajar tentang hewan laut atau tentang panda, kan tidak bisa di bawa ke rumah he he.




Media pembelajaran yang dipakai bisa dalam bentuk gambar, video, atau miniatur bendanya. Media dalam bentuk gambar ini bisa berupa printable seperti yang pernah saya buat di Daftar Free Printable untuk Anak dan Printable Gratis Belajar Berhitung.

Alhamdulillah postingan tentang printable ini mendapatkan atensi dari Twinkl Indonesia, penerbit bahan ajar Internasional untuk anak usia 0-18 tahun dan ABK. Minggu lalu saya dihubungi Kak Kristiani Utomo, Content Executive Twinkl. Twinkl mengadakan "Twinkl Teacher Content Creator Awards 2023" sebagai apresiasi bagi kreator pendidikan yang telah banyak membantu para pendidik di Indonesia dengan cara:

- Membuat dan menyediakan lembar kerja gratis.

- Membuat konten pendidikan.

- Membuat tips-tips mengaajar.



Ada 8 kandidat Twinkl Teacher Creator Awards dan saya bersyukur bisa menjadi salah satu di antaranya. Karena kandidat lain juga super keren. Ada rekan sesama blogger seperti Mbak Helena Mantra dan Mbak Chela Guru Kecil. Pemilihan pemenang dilakukan secara voting dengan cara mengunduh bahan ajar yang direkomendasikan kandidat tersebut.



Ada 3 bahan ajar yang saya rekomendasikan, yaitu:

1. Paket Bahan Ajar Percobaan GRATIS Spesial Indonesia (untuk ABK, PAUD, SD, SMP, dan SMA).

2. Paket Bahan Ajar Anak Usia Dini Gratis.

3. Paket Bahan Ajar SD Kelas 1-6 Gratis.

Kenapa memilih printable tersebut? Karena sebagian besar teman saya anaknya berusia dini atau bersekolah di SD. Jadi semoga bisa bermanfaat bagi mereka. Mohon supportnya untuk vote dengan cara mengunduh printablenya di link ini yaa:

Unduh bahan ajar ini untuk memilih Heni Puspita.




Sebelum mengunduh, kita harus mendaftar dulu di Twinkl (cepat & gratis kok), klik FREE DOWNLOAD, lalu cek filenya di folder DOWNLOAD di laptop/HP kita. Kemudian ekstrak filenya sehingga bahan ajar dalam bentuk PDFnya bisa diakses. Ada banyak banget bahan ajar yang keren lho seperti printable di bawah ini. 

Waktu voting dan mengunduh printablenya yaitu 25 sampai 31 Mei 2023. Jadi yuk unduh printablenya untuk anak-anak, keponakan, murid-muridnya dan sebarkan juga linknya ya. 

Selain itu mampir juga ke aneka printable gratis yang ada di blog ini: FREE PRINTABLE by Our Happy Project.





Comments

  1. Sukses selalu mba

    ReplyDelete
  2. Keren banget kegiatan program belajarnya Razqa semoga semakin pintar dan cerdas dengan kegiatan belajarnya ya

    ReplyDelete
  3. Wow menarik sekali kak. Saya baru tahu tentang ini. Sebagai guru ini sangat membantu sekali untuk bahan worksheet anak-anak. Terima kasih informasinya kak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

back to top