Our Happy Project

Home Education Journey

TMI ECC School Production 2023 - Midogh-Midogh Geh!


Tahun ajaran 2022/2023 sudah hampir berakhir. Masa-masa Razqa bersekolah di TK tinggal sebulan lagi. Sebelum tahun ajaran berakhir, di sekolahnya ada semacam proyek akhir tahun yang disebut School Production. 

Midogh-Midogh Geh! Merupakan film yang diproduksi oleh Early Childhood Center (ECC) Sekolah Tunas Mekar Indonesia sebagai bentuk School Production tahun 2023. Midogh-Midogh Geh! merupakan kalimat dalam bahasa Lampung, artinya kurang lebih Jalan-Jalan Yuk! Pemerannya tentu saja siswa-siswi Kelompok Bermain, TK A, dan TK TB Sekolah TMI. 





Di film ini Razqa berperan sebagai pemain cetik. Sebelum syuting juga belajar memainkan cetik betulan lho bersama teman-teman. Cetik adalah alat musik tradisional Lampung yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya adalah dipukul dengan alat terbuat dari kayu. 

Baca juga: Taman Rekreasi dan Bermain Jati Agro Farming, Lampung Selatan.



Tema film ini memang tentang mengenalkan budaya Lampung pada anak-anak, mulai dari bahasa, lagu, tarian, alat musik, permainan, makanan, dan pesta adatnya. Tidak hanya Razqa saja yang berlatih sebelum syuting. Kawan-kawan lain juga berlatih misalnya berlatih menari, menyanyi, dan melafalkan dialog dalam bahasa Lampung.

Baca juga: Serunya Bermain di Princhsto, Pringsewu Ranch and Resto.






Proses syutingnya memerlukan waktu sekitar dua minggu. Dengan lokasi antara lain di:

- Wira Garden

- Taman Kupu-Kupu Gita Persada

- ECC Sekolah Tunas Mekar Indonesia 

Baca juga: Menonton Pertunjukan Imersifa di Museum Gajah.




Di salah satu lokasi syuting yaitu di Wira Garden ada sungainya lho. Sungai ini juga digunakan untuk lokasi pengambilan gambar saat adegan menangkap ikan dengan alat tradisional. Setelah syuting jadi bisa main di sungai. Seru deh! 

Saat pembuatan film ini, tidak hanya belajar budaya Lampung, anak-anak juga jadi belajar sabar berproses dan menunggu giliran syuting. Mereka juga belajar berani tampil dan bekerja sama dengan teman-teman. 





Proses finishing filmnya berlangsung selama sekitar sebulan. Tanggal 11 Mei lalu film ini ditayangkan di Bioskop Sanak Lampung yang ada di Museum Lampung. 

Penontonnya adalah anak-anak, orang tua, juga staf dan guru Sekolah TMI yang sudah tidak sabar melihat film berdurasi 40 menit ini. Ada yang mau menonton filmnya juga? Semoga filmnya bisa dipesan dalam bentuk CD supaya bisa ditonton lagi.

Baca juga: Daftar Printable Gratis untuk Anak.


Comments

back to top