Top Social


Menggambar Bunga dengan Teknik Usap


Beberapa hari lalu Rayyaan dan Mama menggambar bunga dan kupu-kupu dengan krayon. Ah apa istimewanya sih? Kan sudah biasa menggambar dan mewarnai menggunakan krayon. Tapi kami baru saja belajar teknik baru dalam menggunakan krayon. Biasanya kan ya cuma digores begitu saja. Namun yang kami coba adalah menggambar dengan teknik usap.


Selain krayon dan buku gambar atau kertas gambar, ada beberapa peralatan lain yang diperlukan. Kita butuh karton (bisa pakai karton bekas, misalnya bekas sampul buku), pensil warna, dan gunting.


Pertama-tama lipat kartonnya lalu gunting membentuk kelopak bunga. Ambil karton lain, lipat, dan gunting membentuk sehelai daun. Setelah itu warnai sekitar lubang polanya dengan krayon.

Baca juga: Kenalan dengan Nussa dan Rara.





Jangan lupa gunakan dua warna supaya menarik. Selanjutnya tempelkan karton pada kertas dan usap bagian yang telah diwarnai sehingga warna krayonnya 'berpindah' ke kertas gambar. Selesai membuat satu kelopak bunga, lanjutkan membuat kelopak lain lagi. Kita juga bisa menambahkan daun dan kupu-kupu dengan teknik yang sama.



Setelah semua gambar selesai dibuat, beri sentuhan akhir dengan menggunakan pensil warna. Misalnya saja untuk membuat tangkai bunga dan badan serta kepala kupu-kupu. Ini dia hasil menggambar bunga menggunakan teknik usap buatan Rayyaan dan Mama.

Baca juga: Membuat Buku Bergambar Binatang.





31 comments on "Menggambar Bunga dengan Teknik Usap"
  1. bagussss mbak
    dan simpel buatnya
    bisa dicoba nih buat pelajaran SBdP

    ReplyDelete
  2. wah cantik ya hasilnya ternyata ini toh teknik usap yang dimaksud selama ini

    ReplyDelete
  3. Waaah, hasilnya jadi bagus ya Rayyan. Mau mencoba bareng Fira di rumah. Kebetulan kemaren dibelikan krayon oleh Abinya.

    ReplyDelete
  4. waah... ini mirip tehnik membatik ya yang tehnik batik cap. Sederhana tapi berkesan buat pengalaman anak cara menggambar seperti ini. dan bikin anak jadi semangat untuk berkreasi juga.

    ReplyDelete
  5. Wow menggambar dengan teknik usap ini hasilnya bagus yaa. Makin banyak cara2 gambar yg kreatif-kreatif sekarang ini, dulu taunya ya cuma diwarnai dengan cat air, pensil warna atau crayon, diwarnai biasa aja hehe. Minggu lalu anakku diminta mewarnai pakai cat air tapi alatnya pake cotton bud bukan kuas, ditekan-tekan gitu, unik juga :)

    ReplyDelete
  6. seru juga nih mba buat kegiatan bersama anak.
    Anak2 juga pasti suka banget, dan melatih motoriknya juga :d

    Boleh dicontek nih.
    Simple pula, gak ribet2 banget :D

    Suka banget ama postingan2 kayak gini, bikin nambah list permainan bareng anak hehehe

    ReplyDelete
  7. bagus banget mba, saya baru tau cara seperti ini. Jadi mau coba ajak anak juga :D pasti anak saya antusias kalau gambar menggambar :D

    ReplyDelete
  8. baru tau nih ada teknik usap saat gambar dan mewarnai bunga.
    bagus pula ya hasilnya <3

    ReplyDelete
  9. Wahhh bisa dicoba buat sama anakku di rumah nih. Kayaknya anakku bakalan suka juga :)

    ReplyDelete
  10. Seru yaa, Mba. Selain meningkatkan keterampilan dan imajinasi anak, kegiatan seperti ini juga menambah bonding dengan anak :)

    ReplyDelete
  11. wah baru tahu ini tehniknya mau coba ah di rumah bagus ya mba :) simple pula ga pake rempong :)

    ReplyDelete
  12. Waa mau niru ah buat kegiatan anak2ku, mereka paling suka main cat gini, sekalian bisa buat stimulasi motorik halusnya. Thx idenya ya mba :)

    ReplyDelete
  13. Mau ajarin raihan dan banni juga ahh untuk bikin ini, kreatif banget mba nunggu ide lainya lagi ahh

    ReplyDelete
  14. Tadi sempet bingung maksudnya tehnik usap tuh yang kayak gimana. Ternyataaaa, kreatif sekali sih! Sukaaaa :))

    ReplyDelete
  15. Keren mbak, ini gampang ya kayaknya. Cocok untuk anak2

    ReplyDelete
  16. Seruuuu! Kreatif banget, Mbak. Warnanya juga jadi kayak bergradasi

    ReplyDelete
  17. kreatif banget Mbak..
    Mau coba juga ah nanti menggambar cara ini bareng anak-anak :)
    Makasih udah share ya Mbak :)

    ReplyDelete
  18. Cakep hasilnya....kreatif mau diterapkan ke anak2

    ReplyDelete
  19. Oh begitu caranya, hasilnya cantik banget ya. Wajib dicobain anakku nih. Kelihatannya gampang tapi ga tau deh prakteknya nanti hehe

    ReplyDelete
  20. Anakku demen menggambar Mba. Tapi belum pernah nih pakai teknik menggambar seperti ini. Boleh juga nih, besok aku kasih tau anakkum tfs ya, Mbaa :*

    ReplyDelete
  21. Ini cocok untuk kegiatan di dalam rumah kalo sedang musim hujan kayak sekarang ya. Ntar aku kasih ke adikku, biar anaknya yang masih kecil krasan main di dalam rumah

    ReplyDelete
  22. Gambar terlihat lebih hidup dan cakep sekali. Apalagi ini yang akan membuat anak semakin kreatif dan untungnya mudah di lakukan

    ReplyDelete
  23. Bagus banget hasil akhirnya kadanag menggambar itu butuh teknik dan keahlian yang lihai ya mbak keren deh

    ReplyDelete
  24. aih, cantik sekali! coba ah buat aktivitas mewarnai hari ini

    ReplyDelete
  25. Wuih, keren banget. Aku mau coba deh ke anak-anak. Kayaknya bakalan suka. Kitanya berarti ya yang kudu kreatif bikin bunganya. Biar jadi aneka ragam bentuk.

    ReplyDelete
  26. Pinternya si adek ya dan mamanya juga kreatif. Disini anak2 bisa berkreasi dan mengembangkan idenya juga dengan berbagai warna dan teknik.

    ReplyDelete
  27. Tekniknya sederhana gampang buat anak2 pasti disukai jg krn menyenangkan sepertinya..

    ReplyDelete
  28. Mudah ya bikinnya dan bagus banget nih untuk anak-anak soale merangsang kreatifitas mereka juga.

    ReplyDelete
  29. Such a beautiful flower that you are working on. An interesting drawing technique. It muat be wonderful to try it at home

    ReplyDelete
  30. Cakeup hasilnya naak.. mamanya juga kreatif sekali 😍 saya contek ya ya cara bermainnya, lumayan untuk nambah aktivitas bersama si kecil :)

    ReplyDelete
  31. Keren juga nih kak idenya. Jadi hasil gambarnya tidak brlepotan kemana mana. Seru banget kayaknya. Aku dulu menggambar ya tinggal gambar aja gitu. Hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9