Our Happy Project

Home Education Journey

Serunya Bermain di Princhsto, Pringsewu Ranch and Resto



Libur Idul Fitri lalu kami habiskan di Lampung saja. Awalnya sih ada rencana ingin berlibur ke Jakarta, tapi alhamdulillah Papa 2R cutinya disetujui jadi bisa cukup lama stay di Bandar Lampung sebelum bertugas lagi. 

Selain bersilaturahmi ke rumah keluarga dan kerabat, kami juga mampir ke beberapa tempat wisata. Salah satunya Princhsto, Pringsewu Ranch and Resto yang ada di Kabupaten Pringsewu. Di Pringsewu juga ada rumah kakaknya Eyangti, jadi sekalianlah ya sambil lebaranan sambil main ke Princhsto.


 

Lokasi dan Cara ke Princhsto

Princhsto ini letaknya Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu. Kalau dari Bandar Lampung jaraknya sekitar 40 km atau 1 jam berkendara dengan mobil. Lancar atau tidaknya ya tergantung kondisi lalu lintas sih. 

Ke arah Pringsewu di awal bulan Syawal sih biasanya pasti ramai. Tapi jalannya cukup bagus kok. Karena tidak semua jalan di Lampung itu kondisinya seperti di video yang viral. Untuk menuju ke Princhsto kita cukup mengikuti arahan dari map. Alhamdulillah titiknya akurat. 



Selain dengan mobil, kita bisa ke sini dengan motor. Banyak kok yang berpergian dari Bandar Lampung ke Pringsewu atau sebaliknya dengan motor. Tapi ya hati-hati saja di jalan dan berhenti saat capek. Biasanya banyak yang berhenti di Islamic Center di daerah Pesawaran atau di rest area di Pringsewu (di Gapura Bambu Pringsewu).


 

Harga Tiket Masuk dan Wahana Princhsto

Sampai di Princhsto, kita bisa memarkirkan kendaraan di area yang sudah disediakan dan akan diberi kartu parkir oleh petugas. Untuk masuk ke area ranch dan restonya sendiri tidak dikenakan biaya masuk. Kalau mau main atau membeli makanan dan minuman di situ baru deh bayar. Bangunannya sendiri memang seperti ranch di Amerika. Keren deh vibesnya dan tempatnya juga bersih. 



Kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak di sini yaitu:

1. Menunggang kuda poni mini (cocok untuk balita-anak usia TK).

2. Menunggang kuda poni (cocok untuk anak usia SD).

3. Menunggang kuda besar (untuk orang dewasa atau dewasa dan anak).

4. Memberi makan kelinci.

5. Memberi makan domba.

6. Naik kereta kuda.

7. Naik kereta api mini.

8. Memanah.

9. Naik mobil ATV.

10. Makan dan minum di kafe Klangenan Indonesia.

11. Foto-foto (yang ini gratis!).

Berapa harga tiket wahananya? Harganya antara Rp 10.000 - 20.000. Memberi makan kelinci, domba. memanah, serta naik kereta api mini harga tiketnya Rp 10.000. Kalau untuk naik kuda, kereta kuda, serta naik mobil ATV harga tiketnya Rp 20.000. 



Semua wahana kami coba kecuali menaiki kuda yang besar. Sebenarnya salah satu spot foto paling oke memang di depan bangunan utama yang bertuliskan Princhsto dengan gaya sambil menaiki kuda besar. Tapi saat itu cuaca terlalu panas buat anak-anak untuk naik kuda di area yang berpasir. Jadi anak-anak hanya naik kuda poni dan poni mini di area yang lebih teduh.

 

Wahana favorit Rayyaan adalah menaiki mobil ATV bahkan sampai minta naik dua kali! Kalau Razqa senang naik kuda poni mini dan kereta api mini. Selaini itu ia juga senang memberi makan domba dan kelinci yang lucu-lucu. 



Menu di Klangenan Indonesia

Di booth tiket sebenarnya ada juga minuman botolan dan makanan ringan. Di area samping mushola juga ada yang menjual bakso, soto, es krim, dan es jeruk peras. Tapi kami juga penasaran dengan menu di Klangenan Indonesia. Di sini ada aneka kopi baik panas maupun dingin. Selain itu juga ada jenis minuman lain seperti matcha, es teh stroberi, cokelat, mojito dan lain-lain. 



Makanannya ada yang ringan seperti cireng, kentang, sosis, dan mendoan. Ada juga makanan yang berat seperti nasi ayam goreng dan nasi ayam penyet. Harga makanan dan minuman di Klangenan Indonesia ini cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 10.000 untuk minuman dan Rp 15.000 untuk makanan. Porsi makanan beratnya juga cukup mengenyangkan, rasanya juga enak.



Hari dan Jam Buka Princhsto

Princhsto buka setiap hari, mulai dari jam 08.00 pagi. Namun jam 11.30 seluruh wahananya tutup dan buka kembali jam 13.30 sampai jam 17.00 sore. Meski wahananya tutup di jam istirahat, namun tempat makannya tetap buka kok. Saat itupun kami menunggu wahana buka kembali sambil sholat zuhur di mushola dan makan siang di Klangenan Indonesia. 



Tapi kalau mau ke sini dari Bandar Lampung memang lebih enak berangkat lebih pagi supaya bisa main lebih nyaman karena suhu udara siang hari akhir-akhir ini wow sekali.

Kelas Berkuda

Selain menerima kunjungan untuk rekreasi, Princhsto juga membuka riding class atau kelas berkuda dengan biaya sebagai berikut:

Paket kelas dewasa: Rp 1.300.000 untuk 6x pertemuan.

Paket kelas anak-anak: Rp 1.000.000 untuk 6x pertemuan.

Per kunjungan: Rp 300.000

Untuk info lebih lanjut bisa cek akun instagram @princhsto ya.


Comments

  1. Seru yaaa, anak anak yang usianya belum terlalu besar bahkan sudah bisa mencicipi rasanya menaiki kuda poni mini. Kan biasanya di beberapa destinasi wisata yang mirip mirip begini, anak yang lebih kecil biasanya hanya bisa bermain dengan hewan saja tanpa bisa mencicipi rasanya naik kuda.

    ReplyDelete
  2. Seru banget ya kak kalo jalan2 sama keluarga tuh. Jadi pengen naik kuda lagi terakhir kali naik kuda waktu masih kecil banget dulu. Btw salam kenal ya kak

    ReplyDelete
  3. wow semua wahana dicoba yaa
    sistemnya pay as you go jadi enak bisa pilih mau yang mana aja
    btw, aku baru ini lho tahu ada tempat wisata yang tutup saat jam makan siang. Istirahat sekitar 2 jam trus beroperasi lagi tapi untungnya jadi lebih santai urusan makan siang di sana.

    ReplyDelete
  4. Areanya luas ya bagus buat anak2 agar bisa bebas bergerak

    ReplyDelete
  5. Waah Mbak Hen, tempatnya asyik, harga makanannya termasuk murah ya ... asyik banget berwisata ke Princhsto di Pringsewu.

    ReplyDelete
  6. Nambah lagi nih rekomendasi lokasi wisata di Bandar Lampung. Kayanya anak-anakku juga bakalan nagih naik ATV deh, bentuknya seperti monster car mini. Aku baru tahu lho ada kuda poni dan kuda poni mini! Pasti lucu banget tuh yang kuda poni mini.

    ReplyDelete
  7. Banyak yang bisa di explore saat bermain di Pringsewu Ranch and Resto.
    Namanya juga unik, Princhsto Pringsewu.
    Dari mulai tempat bermain anak edukasi, kuliner hingga berbagai fasilitas tempat wisata lainnya yang bisa dinikmati dengan nyaman bersama keluarga.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau Pringsewu ada ranch bermain gini juga Mbaaa 😍. Sbnrnya belum pernah datang ke restorannya sih, apalagi ranch nya. Tapi tau banget Pringsewu Krn restonya ada di mana2 sekliling Jawa 😄.

    Baguuus yaa princhto ini. Aku dan ank2 juga pasti seneng main di sini mbam apalagi ada ATV. Paling demen main itu kami sekeluarga 😄

    ReplyDelete
  9. Muslihul Kurnia WasdaMay 15, 2023 at 2:30 PM

    Terimakasih banyak atas kunjungan dan review lengkapnya, saya selaku manajer PRINCHSTO sangat terkesan dengan tulisanya. Sekali lagi kami ucaplan Terimakasih. Semoga liburan di PRINCHSTO menjadi kenangan manis untuk keluargaa. Aamiin

    ReplyDelete
  10. Seruu juga yaa mbak tempatnya. Boleh nih disave buat kapan-kapan kalau ke Lampung lagi. Aku ke Lampung baru ke Pahawang aja euy. Eh, sama ke Puncak Mas aja sih, soalnya waktunya gak terlalu banyak, hihi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

back to top