Our Happy Project

Home Education Journey

Family Trip ke Taman Safari Cisarua Bogor

Jalan-jalannya kapan, eh ceritanya baru ditulis sekarang he he. Alhamdulillah tahun lalu tepatnya awal November 2019 Rayyaan dan Razqa bisa main ke Taman Safari, Cisarua, Bogor, horeee!!! Serunya lagi, pergi ke sananya nggak cuma berempat dengan Mama dan Papa, tapi rame-rame. Bareng siapa

Bareng Akung, Bude, Onti, Oma, Mbah, dan so pasti bareng para sepupu. Kami berangkat Minggu, 3 November sekitar jam 7 pagi. Pertama kali juga nih nyobain tol Sumatera yang ke arah Bakauheni. Selain itu, ini adalah perjalanan pertama menyebrang ke pulau Jawa bagi Razqa.

Part 1. Perjalanan Menuju Taman Safari Lodge

Perjalanan menuju Bakauheni alhamdulillah lancar, begitu pula saat menyebrang. Baik Rayyaan dan Razqa nggak mengalami mabuk darat dan laut. Kapal yang kami naiki juga cukup bersih. Kami sengaja memilih duduk di ruang ekskutif yang lebih nyaman untuk anak-anak.

Perjalanan dari Merak menuju Puncak sebenarnya juga cukup lancar, sampai pada akhirnya kami tiba di ujung tol. Jreng jreng jreng, di situlah tantangannya. Rupanya ada penutupan jalur menuju Puncak! Ini karena di hari Minggu, Puncak sangat padat. Selain itu ada prioritas jalan untuk orang-orang yang ingin keluar atau turun dari Puncak. Akhirnya kami tertahan di tol selama kurang lebih 7 jam he he.

Pantas aja ya banyak pedagang masuk ke tol. Selain itu ada juga orang yang menawarkan untuk jadi penunjuk jalan alternatif. Akhirnya jadi berwisata kuliner di tol deh hi hi. Jam 7 malam baru deh jalur menuju Puncak kembali dibuka. Kamipun melanjutkan perjalanan ke Safari Lodge dengan diiringi rintik hujan.

Saya lupa nih tepatnya jam berapa kami sampai di Taman Safari Lodge. Yang jelas, selain karena memang sudah malam, hujan dan ketinggian di daerah tersebut membuat kami kedinginan. Safari Lodge ini adalah penginapan yang ada di dalam Taman Safari. Kita bisa memilih mau menginap di hotel, karavan, pondok, atau rumah pohon. Jika menginap di sini, kita tidak perlu repot lagi mencari hotel dekat Taman Safari.

Saat itu kami menginap di pondok atau cottage dengan tiga kamar. No AC needed karena memang sudah duingin sekali. Untungnya sih ada fasilitas air hangat untuk mandi di dua kamar mandi yang tersedia. Tempatnya juga cukup nyaman jadi kami bisa beristirahat dengan baik setelah seharian di jalan. Selain fasilitas air hangat, pondoknya juga dilengkapi dengan TV, kulkas, sofa, plus ada kitchen set kecil untuk mencuci dan menaruh perlengkapan makan.

Keesokan harinya kami juga sempat jalan-jalan dulu di sekitar cottage sambil menikmati udara segar. Setelah mandi, kami nggak lupa sarapan dong. Untuk menuju tempat sarapan harus naik mobil dulu karena agak jauh. Ternyata tempatnya di dekat kolam renang. Sayangnya nggak bisa mencicipi kolamnya. Setelah sarapan kami sekalian check out sambil menuju ke lokasi tempat melihat aneka satwa.

1. Jalan bareng kakak-kakak dan adik sepupu
3. Lewat tol
4. Naik kapal laut

Alamat Taman Safari Lodge

Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750

Fasilitas Taman Safari Lodge (Pondok dengan 3 Kamar)

- Ruang tamu
- WiFi
- Sarapan

Tarif Taman Safari Lodge

Kisaran tarif Taman Safari Lodge yaitu mulai dari Rp 720.000, tergantung tipe tempat yang kita pilih. Kita bisa menyewa kamar seperti di hotel pada umumnya, atau kita juga bisa menginap di karavan, pondok, rumah kayu, atau vila yang terdapat di Taman Safari Lodge. Baca info selengkapnya di https://hotelsafarilodge.com

Part 2. Tur Satwa di Taman Safari

Sekarang tiba acara yang ditunggu-tunggu yaitu melihat aneka satwa di Taman Safari. Pertama-tama tentu saja kami harus membeli tiket masuk dulu. Karena tanggal 4 November jatuh pada hari Senin makanya tiketnya lebih miring dibanding tiket saat akhir pekan atau musim liburan.

Harga tiketnya mulai dari Rp 170.000 per orang. Mahal? Yah wajar dong ya, karena mengelola tempat seluas itu plus merawat binatang sebanyak itu kan perlu banyak biaya. Tapi menurut saya sesuai kok dengan harganya. Fasilitasnya juga bagus dan bersih. Saat membeli tiket kita akan diberi peta Taman Safari.

Di peta ini ada juga jadwal pertunjukkan di Taman Safari. Selain bisa mengikuti tur satwa, pengunjung juga bisa melihat beberapa pertunjukan satwa plus naik beberapa wahana. Anak-anak sih mau kalau diajak ke sini lagi. Mudah-mudahan ada promo tiket Taman Safari ya he he.

Setelah membeli tiket, anak-anak sudah nggak sabar nih untuk berkeliling. Di sini konsepnya para satwa bebas berkeliaran di area khusus. Pengunjung harus naik mobil tertutup. Kalau mobil terbuka bagaimana? Wah ya jangan dong. Gimana kalau nanti pas ketemu harimau dan kawan-kawannya? He he. Tapi di awal, kami disambut oleh satwa yang sifatnya lebih jinak. Macam-macam deh jenisnya, ada rusa, unta, ilama, zebra, dan lain-lain. Kuda nil juga ada lho, sedang bersantai-santai sambil berenang.

Satwa dari jenis karnivora yang sifatnya ganas ditempatkan di area khusus. Di sini ada juga rangernya alias penjaganya. Mereka juga berpatroli di jip khusus yang tertutup. Pakaian mereka membuat saya teringat akan sosok Indiana Jones! He he. Di area ini pengunjung dilarang membuka jendela mobil apalagi memberi makan. Ada sih satwa yang boleh diberi makan. Namun ada juga yang tidak boleh meski hewan tersebut bukan karnivora.

Tapiiiii, ada aja ya pengunjung yang melanggar peraturan. Padahal jelas-jelas dilarang. Yang waktu itu melanggar aturan memberi makan adalah wisatawan mancanegara. Anak-anak di dalam mobil pada protes deh "Kok turis itu buka jendela dan ngasi makan siiih?". Nah, pelajarannya adalah untuk ikut aturan di tempat wisata ya, Gaess. Karena selain untuk keselamatan kita, larangan itu juga untuk menjaga kesehatan satwa yang ada di Taman Safari.

Setelah mengikuti tur satwa, kami mengunjungi Baby Zoo. Kebun binatang mini yang isinya satwa yang masih kecil dan yang berukuran kecil. Setelah itu kami makan siang di salah satu tempat makan yang ada di Taman Safari. Acara selanjutnya adalah melihat pertunjukkan lumba-lumba. Oh iya, kami juga mencoba beberapa wahana permainan di Taman Safari. Ada roller coaster, ontang-anting, dan playland. Setelah puas bermain, kamipun pulang menuju penginapan selanjutnya. Ke mana yaaaaa???

1. Melihat aneka satwa dengan konsep alam liar

Roda 4 Rp 20.000
Roda 2 Rp 10.000

Part 3. Menginap di Citra Cikopo, Puncak

Malam kedua di Puncak kami habiskan di Citra Cikopo, salah satu hotel di daerah Puncak. Di sini tamu bisa menginap di pondok atau cottage yang tersedia dalam berbagai ukuran. Saat itu kami menginap di pondok dengan tiga kamar, sesuai dengan jumlah rombongan. Ada dua kamar di lantai satu dan satu kamar di atas.

Ukuran pondoknya memang tidak seluas yang kami tempati di Taman Safari Lodge, tapi ada juga fasilitas air hangat untuk mandi. Selain itu ada TV, meja makan kecil, dan kitchen set kecil. Ada dua kamar kecil yang berbeda fungsi, yang pertama digunakan khusus untuk mandi dan yang kedua khusus untuk buang air.

Awalnya kami berencana makan malam di luar, tapi karena lelah akhirnya kami memutuskan untuk memesan makanan lewat room service. Esok harinya sebelum sarapan anak-anak main air dulu nih di kolam renang yang ada di Citra Cikopo. Setelah mandi dan ganti baju, baru deh kami menikmati sarapan yang ada. Meski menunya tidak terlalu banyak variasi namun rasanya enak. Selesai sarapan kami langsung check out dan menuju ke kota Bogor sebelum pulang ke Bandar Lampung.

Alamat Hotel Citra Cikopo

Jl. Arion III No. 17, Kopo, Leuwimalang, Cisarua, Kopo, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750.

Fasilitas Hotel Citra Cikopo

- Kolam renang
- Dapur

Tarif Menginap di Hotel Citra Cikopo

Tarif menginap di sini mulai dari Rp 600.000 per malam. Untuk informasi lebih lengkap mengenai tarifnya, kita bisa mengeceknya di berbagai aplikasi perjalanan.

AKU SUKARayyaan1. Main air di kolam renang
2. Praktik gaya renang yang diajarkan pelatih renang
Razqa1. Main air di kolam renang

Part 4. Kebun Raya Bogor

Sebelum pulang ke Bandar Lampung, kami mampir dulu nih ke Kebun Raya Bogor. Memang nggak lama sih, hanya mutar-mutar sebentar plus foto-foto di dekat air mancurnya. Tapi lumayan deh ya, setidaknya anak-anak sudah mencicipi main ke tempat ini he he. Mudah-mudahan sih ada kesempatan lain untuk lebih bisa mencermati koleksi tanaman di sini. Namun sepertinya harus bawa stroller supaya Razqa nggak lelah kalau berkeliling.

Ngomong-ngomong, papa bilang tempat sholat di sini adem. Setelah sholat rasanya ingin rebahan karena sejuk hi hi. Sayangnya masih ada pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Padahal pengunjungnya anak-anak dari sebuah TK. Pak dan ibu guru, kalau mengajak anak-anak field trip jangan lupa ingatkan mereka untuk membuang sampah pada tempatnya ya.

Alamat Kebun Raya Bogor

Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122.

Harga Tiket Kebun Raya Bogor

Razqa1. Berkeliling di tempat yang luas

OUR TALENTS MAPPING

NETWORKING
- Entertaining, mau menghibur Razqa supaya tidak mudah bosan di perjalanan.
- Relating, bermain dengan sepupu.
REASONING
- Observing, mengamati mobil di tol, kapal di pelabuhan, dan aneka satwa di Taman Safari.
HEADMEN
- Cooperating, bisa bekerjasama selama di perjalanan, termasuk saat harus mengalami penutupan jalur ke Puncak selama 7 jam.
TECHNICAL
- Sport, berenang.
- Physical Skill, bermain di Taman Safari dan Kebun Raya Bogor.

NETWORKING
- Relating, bermain dengan sepupu.
HEADMEN
- Cooperating, bisa bekerjasama selama di perjalanan.
REASONING
TECHNICAL
- Sport, bermain di kolam renang.

Comments

1. Ya ampuuunnn seru banget ini yaaaa
    Bareng keluarga besar, liburan pastinya kian berkesan!
    Tiket masuknya mayan juga yaaakk, intinya siapkan budget buat traveling yuk :)))

ReplyDelete
  2. Alhamdulillah lengkap banget ya infonya. Aku mau ke bogor pas liburan anak sekolah nanti. InsyaAllah mau ke taman safari. Ternyata ada ya penginapan di sana

3. tempat wisata yang lengkap dan cuacanya adem ya. terima kasih infonya. jadi referensi nih kalo jalan2 ke Bogor

4. nah aku penasaran sama safari malamnya tapi belum berani nyoba hihi kalau safari siang-siang sih udah pernah, anak-anak mah happy banget diajak kesini ya mba :)

ReplyDelete
  5. Seru banget family tripnya, apalagi anak2 pastinya ga akan terlupakan tuh.
    Btw udah lama banget aku ga main2 Taman Safari.

6. Waaah bermanfaat sekali info2nya mba. Detail juga. Memang puncak dan wiken harus siap mental kena macet. Keren ya, anak2 tetap terkondisikan meski 7 jam macet2an.

Btw suka sama bagian Aku Suka dan talent mappingnya : D

ReplyDelete
  7. Aku jadi geli sama diriku sendiri nih, sudah cukup lama tinggal di Bogor, tapi belum sempat menginjakkan kaki ke Cisarua, padahal tempat ini populer.
    Makasih infonya, terutama fasilitas penginapannya, pentng nih buat referensi.

8. Alhamdulillah sudah pernah main ke Taman Safari, walo sekali tok, hihi. Pengen sih ke sana lagi, tapi pas inget jauh dan macetnya, jadi maju mundur maju mundur cantik. Moga ntar ada waktu yg pas buat jalan2 bareng keluarga :)

ReplyDelete
  9. Enak banget memang kalau liburan sama keluarga, bahagia rasanya. Mengenai masuk taman safari, aku suka kesel sih..kok bisa mahal gitu hmmm

10. Wah jadi keingetan aku juga belum posting perjlanan ke Taman Safari. Ankku sampai ketaguihan lihat hewan liarnya itu maunya balik lagi berhubung udah sore jadi males akunya

11. Senangnya, seru banget bermain dan menginap disana. Aku mau banget bawa anak2 untuk berlibur ke Taman Safari, tapi belum ada kesempatan aja, hihihi. Semoga next time ada kesempatan yang tepat :)

ReplyDelete
  12. Saat aku masih kecil pernah ke taman safari, sekarang sudah punya anak malah belom main ke taman safari lagi nih mbak, sekarang pasti sudah beda banget, dan pastinya layanan sudah mulai bagus dan jadi tempat rekreasi keluarga yang layak untuk didatangi

13. AKu yang tinggal di Bogor aja belum pernah naik ke Taman Safari Cisarua haha #melas
    Moga2 kapan2 bisa ke sana, mungkin nanti kalau ortu pergi mengunjungi cucu2nya kami sempakan ke sana :D
    Duh paling kesel ya sama turis yang kasi makanan hewan di sana padahal sudah dilarang, mungkin perlu diberlakukan sanksi lbh tegas lagi kali ya..

ReplyDelete
  14. Serunyaa bisa liburan bareng keluarga. Kalau aku pergi ke tempat yang banyak hewannya, lebih baik ngumpetin barang atau makanan. Kasihan juga kalau mereka jadi makan sembarangan

15. Waaa aku seumur gini belim pernah ke taman safarii

Enak kali ajak keluarga didesa trus fam time di taman safari kayak keluarga kaka gtu.

Sayang keluargaku jaugg di desaaa huhu

ReplyDelete
  16. Sama Mbak, jalan-jalannya berbulan-bulan lalu baru ditulis sekarang haha. Saya malah masih punya banyak PR tulisan dari tahun lalu.

17. Iya, Mba kalau weekend kan puncak buka tutup. Jadi yaaa wassalam deh macetnya. Xixixi. Lumayan bikin bete. Makanya saya kalau mau ke taman safari, mending berangkat dr hari junat siang, nginep. Atau berangkat subuh sekalian. Xixixi.

18. Aku sudah pernah ke ciasura bogor ini, tapi udah lama pas SMA. Rasanya pengen ngulang lagi dehh. Byk hiburan baru sepertinya ini ya

ReplyDelete
  19. seru banget family tripnya. ahh jadi kepikiran untuk family trip juga di bogor. udah lama soalnya ga family trip. palingan cuma hangout di mall doang huhuhuh

20. Asik banget menengal hewan hewan dan tumbuh tumbuhan sembari jalan jalan bareng keluarga, happy sekaligus edukatif ya mbaaa

21. duh udah lama gak ke taman safari, pengen banget jalan sama temen-temen sekalian bermain bersama-sama :D