Our Happy Project

Home Education Journey

Ide dan Pakem Memandu Bakat Anak


Jurnal tugas minggu ini saya kumpulkan di blog ini ya. Karena tema jurnal saya kali ini lebih spesifik ke Pandu 45. Supaya bisa jadi referensi dalam mencari ide kegiatan dan mengobservasi anak-anak. 

Kaya Kegiatan


Sediakan buku aktivitas yang jenisnya beragam. Nggak nyambung antara satu kegiatan dan lainnya juga nggak apa-apa. Karena tujuannya adalah supaya anak merasakan berbagai macam kegiatan.

Contoh bukunya apa nih? Misalnya aneka tutorial, tips backpacking, game untuk keluarga, game ekspresi dan role play, serta montessori.

Kaya Wawasan


Buku yang bisa memberikan wawasan untuk anak misalnya buku sirah nabi, kisah orang-orang soleh, dan ensiklopedia. Namun yang harusb diperhatikan juga jenis bukunya. Misalnya nih, anak-anak 2 tahun sebaiknya dibacakan buku yang gambarnya besar, menarik, dan tulisannya singkat. 

Anak 5 tahunpun masih suka lho buku bergambar. Pada dasarnya memang anak-anak suka ya buku yang warna-warni dan bergambar. Panjang teksnya juga sesuai usianya. Kalau Rayyaan nih sekarang sedang suka dengan komik baik komik sains dam komik Islami.


Pakem Memandu Bakat Anak


1. Jangan Peduli Apa Kata Orang

Biarkan anak mengeksplorasi bakatnya di bidang tertentu selama ia suka dan matanya berbinar-binar. 

2. Penderitaan Bisa Menjadi Rahmat

Memanjakan anak dengan berbagai fasilitas bisa membuatnya manja, lembek, kurang kreatif, dan mudah putus asa. Latih anak-anak jadi orang yang tangguh, ulet, dan kreatif menghadapi masalah. 

3. Jangan Terlalu Cepat Memberi Label Bakat Tertentu

Cukup observasi, catat, dan nanti bisa jadi ada revisi. Tentukan usia berapa anak berani eksplorasi bakat sendiri tanpa orang tua (biasanya usia 15, 16 tahun).

Konsep Membersamai Anak

1. Banyak main bareng
2. Banyak ngobrol bareng
3. Banyak berkegiatan bareng 


Sumber: Keluarga Talents Mapping, Kelas Bunda Cekatan


Comments

back to top