Top Social


5 Ide Kegiatan Anak dengan Tema Tata Surya


Salah satu tema yang menarik untuk anak-anak adalah tentang tata surya. Pertama kali Rayyaan memiliki maket tata surya adalah saat usianya 3 tahun, waktu itu saya membuatkannya maket tata surya dari play dough yang dicat. Selain itu saya buatkan juga ‘baju astronot’ dari kertas alumunium dan karton. Rupanya bayangan tentang menjelajah tata surya memang sangat menarik untuk anak-anak. 


1. Sistem Tata Surya dari Kertas Lipat 


Buat pola matahari dan planet-planetnya dengan menggunakan kertas lipat dan berbagai tutup wadah plastik. Ajak anak menempel gambar matahari dan planet-planet pada sebuah karton berwarna hitam. Di kegiatan ini Rayyaan juga harus menyusun nama planet-planetnya.



2. Peraga Fase Bulan 


Kita bisa memanfaatkan kotak bekas untuk membuat peraga ini. Selain itu kita juga memerlukan karton hitam dan kertas lipat, lem, serta gunting. Lipat kotak bekas, dan lubangi salah satu sisinya. Di bagian dalam tempeli kertas lipat yang sudah digunting berbentuk bulat seperti bulan. Setelah itu gunting karton hitam seperti pada gambar. Kita juga bisa menghias peraga ini dengan kertas lipat. Sisipkan karton hitam pada peraga dan tarik perlahan sehingga seolah bulannya berubah fase. Mulai dari bulan baru, bulan sabit, purnama, hingga kembali ke bulan baru.




3. Gerhana Matahari 




Buat pola matahari, bumi, dan bulan pada karton dan kertas lipat lalu gunting dan tempel. Tempel matahari, bulan, dan bumi pada tusuk sate menggunakan selotip kertas. Atur posisi matahari, bulan, dan bumi sehingga bulan ada di antara matahari dan bumi. Gunakan senter agar seolah matahari bersinar, namun sinarnya terhalang oleh bulan sehingga terjadilah ‘gerhana matahari’.


4. Gerhana Bulan


Kita bisa menggunakan kembali matahari, bumi, serta bulan yang kita buat untuk peraga gerhana matahari. Hanya kali ini posisikan agar bumi ada di antara matahari dan bulan. Gunakan senter supaya seolah matahari bersinar, namun sinarnya tidak mencapai bulan karena terhalang bumi dan terjadilah ‘gerhana bulan’.


5. Bermain Roket dari Botol Bekas


Botol bekas air mineral atau bekas minuman fermentasi ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat mainan, misalnya roket. Selain botol bekas, bahan lain yang diperlukan adalah kardus bekas, gunting,lem, serta cat untuk menghias roketnya. Setelah roketnya jadi, siap berpetualang ke angkasa.



Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9