Our Happy Project

Home Education Journey

Berkunjung ke Dairyland on the Valley Bawen dan MiniMania Semarang


Di postingan sebelumnya Rayyaan dan Razqa sudah mengajak Teman-teman nostalgia ke masa lalu di Kota Lama, Semarang. Kali ini 2R ingin mengajak ke tempat wisata lain yang jaraknya sekitar 1 jam dari kota Semarang yaitu Dairyland on the Valley. Tidak asing dengan namanya? 

Dairyland on the Valley adalah salah satu tempat wisata milik Cimory Group. Per 1 Januari 2023 destinasi wisata Cimory memang secara resmi berubah menjadi Dairyland. Tahun 2006 Cimory Mountain View pertama kali dibuka di Puncak, Bogor sebagai tempat wisata edukasi, oleh-oleh, dan restoran. 



Cimory on the Valley yang sekarang menjadi Dairyland on the Valley dibuka tahun 2013, berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Km. 30, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Salah satu alasan kami memilih tempat ini untuk dikunjungi karena saat pulang dari Le Eminence, Puncak, Ciloto kami hanya sempat mampir untuk makan di Dairyland yang ada di Puncak. Jadi tidak sempat mengajak 2R main-main dulu. Selain itu ya karena tempat ini memang cocok untuk anak-anak. Ada apa aja ya di sana?




Baca juga: Le Eminence, Hotel Ramah Anak di Puncak.

Karena kami berkunjung di waktu liburan sekolah dan saat long weekend pula jadi sudah menyiapkan diri kalau tempatnya bakalan ramai. Saat akan masuk sempat agak was-was baka kebagian tempat parkir atau tidak. Tapi ternyata masih ada tempat parkir di tempat yang tidak begitu panas, alhamdulillah.




Di tempat pembelian tiket memang terlihat banyak yang antre. Sementara Papa membeli tiket, 2R melihat peta Dairyland on the Valley. Ngomong-ngomong berapa harga tiketnya ya? Kalau hanya ingin masuk ke Dairyland pengunjung cukup membayar Rp 15.000 per orang. Kalau ingin masuk ke Minimania, pengunjung harus membayar Rp 25.000 per orang. Harga tiket bundling ke dua tempat itu Rp 35.000 per orang. Harga tiket itu sudah termasuk yoghurt Cimory kemasan stik serta potongan harga untuk membeli es krim. Harga tiketnya cukup terjangkau sih ya.





Setelah membeli tiket kamipun masuk ke area kebun binatang mini. Koleksinya memang nggak banyak sih tapi okelah untuk dilihat-lihat. Di depan tiap kandang ada keterangan fakta unik tentang binatang tersebut. Beberapa di antaranya ada ular sanca kembang yang merupakan ular terpanjang di dunia dan bisa berumur panjang. Di sini juga ada buaya muara dan binatang lain yang sedang berjemur. 



Di Dairyland on the Valley ini juga ada waterpark. Meski tidak besar tapi seru juga sih melihat pengunjung lain yang sedang main air. Sebenarnya 2R mau juga main air tapi mengingat Dairyland ini cukup luas dan masih mau lihat-lihat ke Minimania, jadi ditunda dulu deh main airnya. 



Meski tidak jadi main air, masih ada kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti naik Sky Ride, memberi makan kelinci, memberi makan burung, naik ATV, melihat kebun sayur, berkuda, dan memberi makan aneka hewan ternak. Untuk melakukan semua kegiatan itu memang pengunjung harus membayar biaya tambahan. Tapi kalau mau keliling-keliling dan foto-foto saja sih tidak perlu membayar lagi. 



Papa dan Rayyaan sempat mencoba naik Sky Ride dan merasakan naik sepeda tapi di lintasan khusus dan bukan di tanah. Setelah itu 2R memberi makan kelinci yang lucu-lucu, memberi makan burung, dan naik ATV. 



Puas keliling di Dairyland, kami lanjut ke area MiniMania. Di sini ada miniatur aneka landmark yang ada di berbagai negara. Misalnya Dome of the Rock yang ada di Palestina, Menara Pisa di Italia, Eiffel Tower di Paris, Big Ben di London, dan Monas di Jakarta. Berkeliling di tempat ini berasa keliling dunia dalam satu hari! Kalau capek juga ada kios kecil yang menjual minuman. Habis minum jadi segar lagi deh.




Setelah jalan-jalan ‘keliling dunia’ kini waktunya kembali ke penginapan. Eh tapi makan dulu dong ya. Di Dairyland on the Valley juga ada restorannya. Menunya ya mirip dengan restoran yang ada di Dairyland di daerah Puncak. Ada makanan pembuka, menu ala Indonesia, western food, aneka minuman, dan makanan penutup. Sebelum pulang jangan lupa mampir ke toko oleh-olehnya. Di toko ini kita bisa membeli produk dari Cimory dan aneka oleh-oleh lain. Kalau ada kesempatan, jangan lupa mampir ke Dairyland on the Valley ya.








Dairyland on the Valley dan MiniMania Semarang

Alamat:
Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50552

Jam buka:
Senin - Jumat jam 09.00 - 17.00 WIB
Sabtu - Minggu jam 08.00 - 17.00 WIB


Comments

back to top