Our Happy Project

Home Education Journey

Kelas Daring yang Diikuti Rayyaan Selama Pandemi


Belajar jarak jauh secara online atau daring sebenarnya bukan hal yang asing. Misalnya saja di beberapa komunitas yang saya ikuti, banyak kelas-kelas yang pematerinya berada di sebuah kota di Indonesia, namun pesertanya tersebar di kota bahkan negara lain. Pandemi lalu membuat banyak anak merasakan juga belajar secara daring, termasuk Rayyaan. 

Baca juga: Main ke Taman Legenda Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah.

Selama pandemi Rayyaan tergabung dalam PKBM Piwulang Becik. Di sini ada berbagai students club yang diadakan secara daring lewat aplikasi zoom. Tema klubnya bervariasi, beberapa klub yang diikuti Rayyaan seperti:


 

1. Klub Memasak

Di kelas ini anak-anak diajak mencoba aneka resep makanan sehat. Misalnya saja smoothies sayur dan aneka jajanan tradisional. Biasanya bahan-bahan akan dibagikan sebelum hari H. Kemudian pendamping klub akan memeragakan cara membuat makanannya yang akan diikuti oleh anak-anak di rumah masing-masing.

Baca juga: Rayyaan dan Razqa Belajar Berenang.

2. Teknologi Informasi

Di kelas ini Rayyaan dan peserta lain diajak mempelajari dan membahas istilah atau topik seputar IT. Dari klub ini Rayyaan jadi tertarik untuk belajar coding lewat aplikasi Scratch. Cerita tentang proyek yang pernah dibuat Rayyaan sudah saya tulis di Daftar Proyek Rayyaan di Scratch Bagian 1.

3. Sadar Nalar Numerasi

Nah kalau yang ini berhubungan dengan matematika. Anak-anak diajak belajar mempelajari konsep matematika sesuai level kelasnya. 

Selain klub di Piwulang Becik, ada kelas-kelas lain juga yang pernah diikuti Rayyaan, yaitu:

1. Tahsin dan Tahfidz

Kalau yang ini sih masih diikuti Rayyaan sampai sekarang dengan metode daring dan luring. Pengajarnya juga masih sama. Sebenarnya selama pandemi saat kasus reda, anak-anak belajar mengaji dengan datang langsung ke tempat belajarnya. Tapi saat kami di Jakarta atau saat kasus covid sedang naik, maka pembelajaran dilakukan secara daring.

Baca juga: Printable Gratis Belajar Angka dan Berhitung.


 

2. Coding

Saat pandemi Rayyaan belajar coding dengan aplikasi Scratch. Ada tiga kelas yang pernah diikutinya. Pertama di @heztekcoding (dulu bernama Kelasku Digital) bersama Bu Heni Prasetyorini. Kemudian bersama kakak-kakak Himpunan Mahasiswa Informatika, Universitas Jember di kelas IT 4 School, dan terakhir di The Skills id. 


 

3. Kelas dari Yayasan Anak Muslim Ceria dan Fudhail Academy

Berawal dari menonton video kajian anak di channel Kak Erlan Bercerita, Rayyaanpun mau diajak mengikuti kelas kajian untuk anak dari AMCA dan Fudhail Academy. Beberapa topik kelas yang pernah ia ikuti yaitu, kelas tentang doa sesuai Al Quran dan sunnah, kelas tentang sholat, serta kelas bahasa Arab dasar. 

Baca juga: Anak Dijadikan Konten, Boleh Nggak Sih?


 

4. Kelas LEGO

Kalau kelas ini sama seperti kelas tahsin dan tahfidz. Sebenarnya kelasnya secara luring, namun karena pandemi pembelajaran jadi diadakan secara daring.



Ada juga pembelajaran daring yang Rayyaan ikuti namun tidak lewat aplikasi Zoom melainkan lewat situs. Misalnya IXL Math, IXL Science, dan Reading Eggs.

 

Saat pandemi memang banyak hal tidak mengenakkan yang terjadi. Tidak semua anak punya kesempatan dan fasilitas belajar daring dengan nyaman. Belum lagi ancaman penyakit menular yang sudah menelan banyak sekali korban. 

Tapi kalau ada hal yang bisa diambil hikmahnya, saya syukuri kesempatan untuk bisa mendampingi anak belajar di rumah. Apalagi di PKBM saya juga menemukan lingkungan yang saling mendukung dan bekerjasama untuk berusaha mengatasi tantangan dunia pendidikan khususnya selama pandemi.

Comments

  1. Seru banget sih kelas yang diikuti Rayyan, aku masih membujuk anakku nih buat ikut les bahasa Inggris online atau offline biar ngga main melulu hehe

    ReplyDelete
  2. Luar biasa Rayyan.. aktifitasnya padah dan berkualitas, menarik karena mak Henny memberikan keseimbangan antara aktifitas religi, akademik dan entertaining. Mantap

    ReplyDelete
  3. Wah seneng banget meskipun sedang pandemi, tapi si kecil tetep semangat buat belajar melalui daring ya mam.

    ReplyDelete
  4. Banyak sekali yaah kegiatan daring yang diikuti dan semuanya seru-seru jd anak gak mudah bosan juga, thanks mbak inspirasinya

    ReplyDelete
  5. Eh samaan nih anakku juga sering ikutan kelasnya Fudhail Academy. Anakku juga gabung di PKBM, cuma untuk aktivitasnya belum sebanyak kakak Rayyan sih soalnya masih cari-cari minat dan kesukaannya dia juga.

    ReplyDelete
  6. Keren banget Kakak Rayyan bisa ikut kelas online dan makin tambah ilmunya nih kalau bisa diterapkan ya

    ReplyDelete
  7. Kelasnya ada banyak ya, Anak-anak jadi bisa belajar banyak ini. Asiknya lagi bisa belajar dari rumah ya

    ReplyDelete
  8. wah keren banget ini, bisa ikutan kelas daring dan buat aneka project ya!
    coba dari dulu udah ada.. stimulus yang keren buat anak anak

    ReplyDelete
  9. Aktif ya rayyan menggali berbagai skill di tengah keterbatasan pandemi saat itu. Fan apa yg dipelajari pun sangat potensial semoga makin cerdas dan terampil ya

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah,
    Dirumah semakin banyak belajar meskipun online, tapi anak-anak happy dan menemukan aktivitas positif untuk menyalurkan energi dan semangatnya serta keingintahuan ananda Rayyan.

    Barakallahu fiik~

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

back to top