Our Happy Project

Home Education Journey

Al Quran Based Play Bagian 1 (Ide Kegiatan Ramadan)


Ramadan ini sepertinya masih kita jalani dengan banyak di rumah saja ya. Sebagian umat Muslim ada yang sudah melakukan ibadah Tarawih di masjid. Orang-orang juga mulai banyak beraktivitas seperti saat belum ada pandemi. Namun mari tetap patuh pada protokol kesehatan ya demi keamanan dan keselamatan seluruh anggota keluarga. 

Bagi orang tua yang butuh (lebih banyak lagi he he) referensi ide kegiatan bersama anak di rumah selama bulan Ramadan, yuk kita main bareng dengan tema Al Quran Based Play. Selain di blog, ide kegiatan ini juga insyaa Allah akan saya unggah di Instagram @ourhappyprojectblog, jangan lupa difollow ya he he.

Sebelumnya, unduh dulu ya Printable Gratis - Jadwal Ramadan untuk Anak.


Ramadan Hari 01


  1. Menempel printable niat dan doa berbuka puasa.
  2. Mencari informasi manfaat berpuasa untuk kesehatan.
  3. Membaca arti surat Al Baqarah ayat 183.


"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

 


Ramadan Hari 02


  1. Membuat percobaan dengan susu, perwarna makanan, dan sabun cuci piring. 
  2. Minum susu saat sahur dan berbuka puasa.
  3. Membaca kandungan susu (informasi gizi) pada kemasannya.
  4. Membaca arti surat An Nahl ayat 66.


Referensi:

https://www.henipuspita.net/2015/06/mewarnai-susu-dengan-efek-tie-dye.html


"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya."

 


Ramadan Hari 03


  1. Membuat percobaan tenggelam atau terapung.
  2. Mencari info manfaat air bagi kehidupan.
  3. Membaca arti surat Al Mukminun ayat 18.


"Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya."



Ramadan Hari 04


  1. Percobaan membekukan madu.
  2. Mencari informasi manfaat madu.
  3. Membaca arti surat An Nahl ayat 69.


Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=3PqUkmj7epM


"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

 


Ramadan Hari 05


  1. Percobaan dengan magnet dan logam.
  2. Mencari info pemanfaatan besi di kehidupan kita.
  3. Membaca arti surat Al Hadid ayat 25.


"Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa."



 

Ramadan Hari 06


  1. Membuat pesawat kertas.
  2. Membaca kisah tentang Abbas Ibnu Firnas (Ilmuwan Muslim).
  3. Membaca arti surat Al Mulk ayat 19.


"Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu."



 

Ramadan Hari 07


  1. Membuat percobaan langit biru.
  2. Membuat percobaan pelangi.
  3. Membaca arti surat Al Anbiya ayat 32.


Referensi:

https://www.rookieparenting.com/why-is-the-sky-blue-science-experiment/

https://learning.innerchildfun.com/2013/04/5-simple-experiments-with-water.html


"Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya."



 


Ramadan Hari 08


  1. Membuat model orbit matahari, bumi, dan bulan dari kertas.
  2. Membaca buku tentang matahari, bumi, dan bulan.
  3. Membaca surat Az Zumar ayat 5.


Referensi:

https://www.teacherspayteachers.com/Product/Space-Model-of-Earth-Moons-orbit-565681?epik=dj0yJnU9eGdiQ0FxY3c4WGI1RUp4SHdSR1FxM3VSZnd6cTZGdUYmcD0wJm49NjhFRnp3VjREbHlGREp4TjEwUWI3ZyZ0PUFBQUFBR0IwbTVn


"Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun."



 

Ramadan Hari 09


  1. Membuat gir dari kardus bekas.
  2. Membaca kisah Al Jazari (Ilmuwan Muslim).
  3. Membaca surat Al Ashr ayat 1-3.


Referensi:

https://www.education.com/science-fair/article/toothy/?epik=dj0yJnU9TUtPaF9OUHFzdjdFcjBveHJ0bVZwTGVtQ3N6N0N5R1UmcD0wJm49ODRvc1Q5cDdIRW5tUkhUaS16Njd0dyZ0PUFBQUFBR0Iwbkpz


"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran."



 

Kok baru sampai hari ke sembilan? Tunggu update berikutnya ya. Karena pas buat gambarnya masih menyesuaikan dengan feed Instagram he he. Tapi untuk bagian 1 ini insyaa Allah akan ditambah biar pas jadi 10 hari. Untuk hari-hari berikutnya akan ditulis di postingan berikutnya. Kalau ada yang ikut main, boleh ya colek-colek kami di @ourhappyprojectblog 





Oh iya, kalau ada salah penulisan nomor ayat atau sejenisnya, boleh juga DM saya di Instagram. Terima kasih dan selamat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan




Comments

back to top