Top Social


Praktik Resep Donat Kentang NCC

Praktik Resep Donat Kentang NCC

Halo! Teman-teman ada yang suka donat? Rayyaan sih suka banget. Selain donat polos tanpa topping,  Rayyaan juga suka donat dengan taburan keju parut atau meises cokeat. Tapi sudah lama nih Mama nggak buat donat sendiri di rumah. Kangen juga ya bikin donat sendiri. Jadi beberapa hari lalu Rayyaan dan Mama praktik resep donat kentang NCC. Kenapa memilih resep ini? Ya soalnya sudah teruji donatnya empuk dan menul-menul.


Kok tau? Pernah nyobain? Ngg Mama juga lupa dulu pernah nyobain atau nggak. Tapi yang jelas sih Rayyaan pernah diberi donat yang dibuat dengan resep ini dan ia suka banget donatnya. Sampai di rumah donatnya sudah habis nggak bersisa he he. Mau tau nggak resepnya?

Ngulennya dibantu food processor he he.


Resep Donat Kentang NCC


Bahan Resep Asli:

1. 500 gram tepung terigu protein tinggi (misalnya merk Cakra Kembar).
2. 11 gram ragi (kami pakai merk Mauri-Pan).
3. 100 gram gula halus (kami pakai gula pasir yang dihaluskan).
4. 200 gram kentang kukus, dinginkan dan haluskan.
5. 50 gram susu bubuk.
6. 75 gram margarin.
7. 4 butir kuning telur.
8. 100 ml air dingin (air es).
9. ¼ sdt garam.

Catatan: kami hanya membuat setengah resep donat jadi semua takaran bahan-bahan dibagi dua.

“Tepung terigu protein tinggi paling cocok digunakan untuk membuat donat, roti, dan mie. Beberapa contoh merk terigu protein tinggi adalah Cakra Kembar, Tali Emas, Gerbang, dan Kereta Kencana.”

Donat yang sudah digoreng.

Cara Membuat:

1. Dalam sebuah wadah (kami langsung menggunakan food processor), campur terigu, gula halus, susu bubuk, dan ragi instan, aduk rata.
2. Masukkan kentang yang sudah dihaluskan, kuning telur, dan air dingin (tuang airnya sedikit demi sedikit), uleni hingga rata dan setengah kalis. 
3. Tambahkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis.
4. Pindahkan adonan dari food processor ke sebuah baskom kecil, tutupi dengan lap basah (tapi airnya sudah tidak menetes ya), diamkan selama 30 menit.
5. Bentuk adonan, bisa menggunakan cetakan atau buat bentuk donat dengan tangan. Diamkan 10-15 menit hingga mengembang.
6. Goreng dalam minyak dengan api sedang hingga kuning keemasan. 
7. Angkat dan tiriskan. Donat bisa ditaburi gula atau diberi topping. 

“Menambahkan kentang pada adonan akan membuat donat lebih empuk.”

Karena menggunakan food processor, proses menguleni adonan memang jadi lebih mudah, praktis, dan singkat. Kalau tak ada food processor, pakai mixer juga bisa. Kalau tak ada mixer ya kita memang harus berjuang menguleni dengan tangan he he. Tapi sebenarnya menguleninya juga nggak sulit kok. Dari setengah resep dihasilkan kurang lebih 20 donat. Ukurannya ya seperti yang ada di foto ya. Kalau mau donat yang lebih besar ya tinggal disesuaikan ukurannya saat mencetak.

Baca juga: Resep Ekkado (Money Bag) Jagung Manis ala Rayyaan dan Mama.


Ssst Rayyaan makannya tetap sambil duduk kok he he.

Saat membuat donat ini Rayyaan membantu menakar bahan-bahannya dengan timbangan dan memasukkan bahan-bahan tersebut ke food processor serta memutarnya. Rayyaan juga membantu membentuk donatnya. Tapi tidak semua terdokumentasikan sih soalnya Mama nggak sempat memegang kamera. 

“Penambahan air es pada adonan bertujuan agar protein terigu tidak mudah rusak saat diuleni terutama menggunakan mixer atau food processor.”

Oh iya, selain menggunakan food processor kami juga menggunakan blender tepatnya bagian blender yang biasanya dipakai untuk menghaluskan bumbu. Blender kami gunakan untuk menghaluskan gula pasir dan menghaluskan kentang. 

Bagian dalam donat.


Yang paling menyenangkan dari membuat donat kentang ini adalah semua anggota keluarga bisa ikut mencicipi donat buatan Rayyaan. Eyang dan Akung juga ikut makan lho. Sebagian donatnya disisakan untuk bekal sekolah Rayyaan esok harinya. Ternyata bener deh donatnya nggak keras!

“Aku suka membuat donat karena aku suka donat. Aku mau buat donat kentang lagi tapi diberi macam-macam (topping), diberi keju atau meises cokelat.” – Rayyaan. 


2 comments on "Praktik Resep Donat Kentang NCC"
  1. wah lexzatnay , enak dan bikin sendiri rasanya puas ya

    ReplyDelete
  2. Enak bund bisa masak brg anak. Tambah sayang dan deket... Sy blom prnh buat donat sendiri... selalu beli.. mudah"an resepnya bunda bisa dicoba thx ya bund 😊🙏

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9